Equityworld Futures | 4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja

Equityworld Futures | Membiarkan mata Anda terpaku pada layar komputer seharian penuh akan menyebabkan otot mata letih. Efeknya terasa langsung, seperti sakit kepala dan pandangan yang kabur. Sebuah studi juga membuktikan bahwa hanya dua jam bekerja di depan layar komputer saja sudah meningkatkan risiko Anda terkena masalah penglihatan. Nah, itu baru dua jam, loh. Coba pikir-pikir lagi: berapa jam yang Anda habiskan di kantor, lalu di rumah sampai sebelum tidur?

Jangan keburu panik. Simak solusi mudah memelihara kesehatan mata

1. Atur Posisi Mata dari Layar

Idealnya, Anda berada pada jarak 40 hingga 60 cm dari layar. Posisi meja terlalu rendah? Coba letakkan laptop Anda di atas penyangga supaya bagian atas layar segaris lurus dengan pandangan mata agar leher Anda tidak pegal karena harus terus menunduk.

2. Atur Penerangan dan Resolusi Layar

Salah satu aturan yang perlu dicermati adalah layar komputer Anda tidak boleh lebih terang atau lebih gelap dari penerangan di kantor. Jika terlalu terang, cahaya layar membuat mata Anda harus bekerja lebih keras, sementara jika terlalu gelap, Anda bisa kesulitan melihat dengan jelas sehingga harus sering memicingkan mata. Keduanya sama-sama berefek negatif pada mata Anda. Anda juga boleh memasang pelindung layar anti silau untuk mengurangi beban cahaya yang masuk ke mata Anda.

3. Istirahatkan Mata Anda

– Setiap 20 menit, alihkan pandangan Anda dari layar dan fokuskan pada suatu titik benda kira-kira sejauh lima hingga enam meter selama 20 detik.

– Take a break. Silakan istirahatkan mata Anda dari layar dengan melakukan aktivitas kecil di kantor, misalnya ke kamar mandi atau ke pantry, asal Anda jangan mengecek smartphone Anda saat istirahat!

– Kedipkan mata Anda secara rutin. Ketika Anda sedang berkonsentrasi penuh pada pekerjaan Anda di layar, Anda cenderung lupa untuk mengedipkan mata. Ketika berkedip, mata melubrikasi diri sendiri agar tidak terasa kering atau tidak nyaman. Tips ekstra: Jangan mengarahkan pandangan Anda pada kolega atau atasan ketika sedang berkedip-kedip agar gestur Anda tidak disalahartikan.

– Pejamkan mata Anda dan gerakkan bola mata Anda dengan ringan searah jarum jam, kemudian berlawanan jarum jam.

– Gosokkan telapak tangan Anda hingga terasa hangat dan letakkan masing-masing pada mata untuk relaksasi mata singkat.

4. Konsumsi Makanan Kaya Gizi

Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang kaya akan omega 3, zinc, lutein, vitamin A, C, dan E untuk menghindari risiko katarak dan otot mata yang melemah. Tidak sulit, kok, untuk memenuhi asupan gizi mata. Perbanyaklah makan sayur-sayuran hijau seperti bayam, ikan kaya omega 3 seperti salmon dan tuna, telur, kacang-kacangan, polong, buah-buahan penuh vitamin C seperti jeruk dan apel, dan pilihan paling populer untuk kesehatan mata, wortel.

Masih juga menatap layar tanpa rehat? Ayo alihkan pandangan Anda dan praktikkan relaksasi mata! (Equityworld Futures)