Equityworld Futures | 5 Jenis kanker ini ternyata intai pekerja kantoran

PT Equityworld Futures 1017416

Equityworld Futures | Kanker adalah penyakit mematikan serta menjadi momok bagi masyarakat. Menurut data Departemen Kesehatan, pada tahun 2012 saja ada 8,2 juta kasus kematian akibat kanker di Indonesia. Banyak jenis kanker yang bisa menyerang tubuh. Namun tahukah kamu jenis kanker yang paling berbahaya?

Baru-baru ini para pakar melakukan penelitian jenis-jenis kanker berbahaya yang selama ini menyerang banyak orang. Dalam penelitian itu juga terungkap beberapa rutinitas kerja juga memicu kanker. Dalam ulasan ini dikhususkan pada pekerja kantoran, yang biasanya berada di bawah tekanan, stres dan frustrasi maksimal.

Ketika seseorang mengalami stres berkepanjangan, pasti akan mengalami ketegangan emosi. Selain itu dampak lainnya ialah meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Salah satunya adalah kanker.

1. Kanker paru-paru.

Menurut data terbaru dari World Health Organization (WHO), kanker paru-paru menyumbang lebih dari 1,69 juta kasus kematian di seluruh dunia. Selain karena stres, penyebabnya diduga dikarenakan rokok.

Gejalanya biasanya disebabkan situasi pekerjaan yang penuh tekanan. Akibatnya peningkatan denyut jantung dan pernapasan menjadi lebih cepat. Keadaan itu bisa menimbulkan komplikasi sistem pernapasan yang langsung mengarah ke paru-paru, serta menimbulkan penyakit paru obstruktif kronik. Akibat lanjutannya ialah kanker paru-paru.

Salah satu cara simpel untuk mengurangi dampak stres di paru-paru adalah banyak menghirup udara segar ketika kamu tidak sedang berada di dalam ruangan.

2. Kanker limfoma.

Kanker limfoma adalah kanker yang berasal dari sistem limfatik pada kelenjar getah bening. Jenis kanker ini diteliti disebabkan karena ketegangan dan stres dalam bekerja. Untuk menghindari penyakit mematikan ini, sebenarnya simpel saja. Kamu hanya perlu rutin berolahraga, jadwal makan dan istirahat juga harus teratur.

Stres dalam bekerja memang tak boleh disepelakan, karena disebut-sebut sebagai silent killer. Ketika stres, fisik pun sebenarnya melemah dan rentan terserang penyakit mematikan seperti kanker.

3. Kanker perut.

Kanker perut mudah menyerang mereka yang mengalami stres karena tekanan pekerjaan. Menurut data terbaru dari American Cancer Society, 754.000 kasus kematian karena kanker perut sudah terjadi hingga Agustus 2017 ini.

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker perut adalah pola makan buruk, merokok, keturunan, dan kondisi kesehatan yang kronis seperti penyakit refluks gastroesofagus.

4. Kanker rektum.

Kanker rektum termasuk jenis kanker yang paling umum menyerang tubuh manusia pada saat ini. Lagi-lagi stres dianggap menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu pola makan dan kegemukan juga disebut sebagai biangnya.

Penelitian Scientific Reports mengatakan mereka yang stres dan menganut pola hidup tidak sehat seperti merokok, banyak minum minuman beralkohol, serta konsumsi makanan cepat saji menjadi sebab paling tinggi mengidap kanker rektum.

5. Kanker usus besar.
.
The American Cancer Society memperkirakan akan ada 95.520 kasus kanker usus besar di tahun 2017 ini. Penyebab utamanya adalah stres yang banyak dialami oleh pekerja kantoran. Jika stres tak bisa dikelola dengan baik, maka semua bagian tubuh manusia juga bisa stres dan berimbas pada usus besar.

Kanker usus besar ternyata bisa diatasi sejak dini. Caranya yakni mengonsumsi makanan tinggi serat, banyak minum air putih, rutin berjalan kaki, dan belajar menarik nafas dalam-dalam. Cara-cara itu dipercaya bisa membuat rileks. (Equityworld Futures)

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, PT Equity World , Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC, EWF, PT EWF

Save

Save