Equityworld Futures | 5 Trik Buat Mencegah Kolesterol Dini. Cegah Sekarang, Jangan Nunggu Tua!

PT Equityworld Futures 1017260

Equityworld Futures | Mungkin bagi sebagain anak muda masih banyak yang berpikiran “Ya elah santai aja kali masih muda, ngapain ribet sih nikmatin aja mumpung masih muda.” Yah, pemikiran itu sih mungkin berlaku bagi mereka yang merasa akan baik – baik saja. But we’ll never know what will happen in the future right?. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kesehatan diri kita. Mungkin sekarang akan baik – baik saja karena belum kelihatan efeknya, di kemudian hari? Who knows kan.

Nah, anak muda atau remaja itu identik dengan kebiasan untuk makan segala-galanya, apapun dimakan tanpa lihat – lihat dulu. Selain itu banyak juga yang bermalas-malasan ria berdiam diri di kamar dan di depan laptop dalam kurun waktu yang lama. Tahu nggak kalau hal-hal tersebut bisa memicu adanya kolesterol berlebih di dalam diri kita. Keliatannya sih sepele, tapi kalau dibiarin terus menerus bakal berabe.

Nah, ini ada cara-cara sederhana buat kalian yang masih muda untuk mengurangi resiko kolesterol dini.

1. Awas yang berminyak-minyak!

Nah, ini nih godaan yang sering bikin kita nggak kuat buat nahannya. Mendoan, bakwan, dkk nya itu lho nikmat banget ya. Ditambah lagi “jeroan” kaya usus, ati ampela, iso, babat dll yang luar biasa nikmatnya. Makanan yang seperti itu emang enak dan nikmat banget, tetapi kandungan minyak dan kolesterolnya itu lho yang bikin ngeri kalau kita makannya berlebihan. Ya emang sih sekarang masih nikmat nikmat aja, tetapi sekalinya kamu udah tahu efek sampingnya kamu akan menghindarinya.

Jadi, mulai dari sekarang coba deh kurangin konsumsi makanan – makanan “penggoda” itu. Bukan nggak boleh tapi dikurangi aja, jangan keseringan. Awalnya berat sih, tapi percaya deh nanti juga bisa.

2. Bangkitlah dari kasurmu dan mulailah untuk bergerak!

Kasur itu diduga-duga mempunyai gaya gravitasi yang lebih besar dibandingkan tempat- tempat yang lainnya. Yap, kemageran di atas kasur itu bisa mengalahkan segalanya. Kita bisa jadi lupa makan, lupa mandi, lupa segala- galanya. Alhasil, kita cuma bisa nempel terus dengan kasur dan nggak akan bangun- bangun. Nah, mumpung kita masih sehat yuk ah kita lawan gaya gravitasi kasur dan mulailah untuk bergerak.

Lakukan aja yang simple -simple kaya lebih sering jalan kaki, jogging yang rutin muterin komplek rumah. Nah, olah raga yang kaya gitu simple tapi kalau rutin dilakukan bisa banget untuk mengurangi terkena kolesterol dini.

3. Tambah lagi konsumsi buah dan sayurnya

Kalau yang tadi dikurangi makanan pemicu kolesterol, sekarang ditambah deh makanan penangkalnya. Yaps, buah dan sayuran itu banyak sekali manfaatnya. Mungkin banyak sekali yang kurang suka dengan buah dan sayuran, entah yang rasanya pahit lah, asam lah, ini lah, itu lah.

Sekarang nggak perlu khawatir lagi, kan udah banyak tuh kreasi makanan dari buah dan sayur nah boleh banget buat dicoba, tapi ingat jangan yang digoreng-goreng juga. Kalau ujung-ujungya digoreng ya sama aja dong!

4. Jangan ragu untuk cek ke dokter ya!

“Ke dokter? Nggak ah males, lama banget antrinya.” Kalimat semacam itu pasti udah nggak asing lagi kalau ngajakin anak muda buat cek kesehatan ke dokter. Akan ada beribu – ribu alasan untuk terhindar dari dokter. Guys tenang, cek ke dokter itu sekarang lebih mudah dan nggak akan seserem yang kita bayangin.

Lagian sekarang cek kadar kolesterol juga udah mudah banget dilakukan dan bisa dimanapun even itu di mall. Kalau kita cek kadar kolesterol bisa juga kita tahu kondisi tubuh kita juga kaya kadar gula darah, tekanan darah, dll nya. Jadi, dengan cek ke dokter kita bisa tahu kondisi tubuh kita dan bisa tahu langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.

5. Minum obat penurun kolesterol juga boleh dicoba kok

Kalau cara yang satu ini bisa jadi opsi tambahan biar kita bisa terhindar dari kolesterol di usia muda. Minum obat penurun kolesterol ini juga lumayan membantu buat nurunin kadar kolesterol kok. Tapi ingat jangan berlebihan juga, sesuai yang dianjurin dokter aja. Intinya apapun yang berlebihan nggak akan bagus hasilnya.

Itu dia tips dan cara sederhana buat ngurangin resiko koleterol di  usia muda. Jangan sepelekan kesehatan karena nanti kita bakal menyesal di akhir. Selamat mencoba. (Equityworld Futures)

Save