Equityworld Futures | Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 1 November 2019

pt equityworld emas

Equityworld Futures | Harga emas “safe-haven” membukukan keuntungan dua digit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Kamis kemarin, karena permintaan “safe-haven” ditengah laporan kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia tidak mendekati kesepakatan perdagangan, dan setelah laporan data ekonomi AS yang lebih lemah daripada yang diperkirakan. Indeks dolar AS yang terhuyung-huyung baru-baru ini juga bekerja menguntungkan metal berharga.

Emas berjangka bulan Desember terakhir naik $14.60 per ons pada $1,511.30. Sedangkan harga peak Comex bulan Desember terakhir naik $0.138 pada $18.005 per ons.

Minat terhadap resiko yang mendunia tergencet karena laporan bahwa pembicaraan perdagangan AS-Cina telah mengambil langkah mundur. Hal ini tidak mengejutkan bagi setiap orang. Selama beberapa bulan yang lalu para trader dan investor telah mengalami “rollercoaster” mengenai kemajuan atau kemunduran dari negosiasi perdagangan diantara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Laporan terakhir datang dari Cina, dimana para pejabat Cina pada hari kamis menyatakan keraguan mengenai kesepakatan perdagangan yang komplit dengan Amerika Serikat bisa diselesaikan.

Survey ISM purchasing manager Chicago yang dirilis pada pertengahan pagi hari Kamis kemarin juga menambah kepada kenaikan pasar metal berharga dengan data yang keluar mendorong indeks saham turun ke kerendahan harian. Angka ISM Chicago bulan Oktober muncul di 43.1 dibandingkan dengan angka bulan September di 47.1 membuat dolar AS mengalami tekanan jual lebih banyak.  Angka bulan Oktober jauh dibawa dari perkiraan pasar dan terendah selama hampir 4 tahun. Angka dibawah 50 menunjukkan kontraksi sedang berlangsung di sektor ini.

Fokus pasar dunia sekarang beralih ke laporan situasi “employment” AS untuk bulan Oktober dari Departemen Tenaga Kerja AS yang keluar pada hari Jumat. Angka kunci Non–Farm Payrolls diperkirakan hanya menambah 75.000 pekerjaan.

Emas telah berhasil memperoleh kembali momentum kenaikannya pada akhir dari minggu ini. Obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,543.30 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,520.90 dan kemudian $1,525.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,478.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,510.00 dan kemudian $1,500.00. (Equityworld Futures)