Equityworld Futures | 7 Cara Cepat dan Efektif Mencegah serta Meredakan Sakit Maag Kambuhan

pt equityworld

Equityworld Futures | Sakit maag memang menyakitkan. Belum lagi pemicunya juga sederhana. Salah makan atau telat makan sebentar saja sudah bisa bikin sakit maag kambuh. Perut akan terasa panas dan mulai. Ditambah lagi kadang sakit maag bikin dada terasa nyeri, sakit tenggorokan dan bau mulut.

Sedihnya, sakit maag adalah sakit jangka panjang yang bisa tiba-tiba kambuh. Lantas, kalau lagi kambuh, baiknya gimana ya? Dilansir dari Hello Sehat, ini cara efektif untuk mencegah dan meredakannya.

1. Siap sedia obat sakit maag sebagai pertolongan pertama saat sakit maag kambuh

Kalau kamu punya riwayat sakit maag, kamu harus siap sedia obat sakit maag kapan pun dan di mana pun. Ada beragam obat sakit maag yang bisa jadi pilihan, seperti antasida, acid blockers dan proton pump inhibitors. Jangan asal minum ya. Kamu perlu periksa dan meminta resep dokter untuk menentukan obat sakit maag mana yang terbaik buatmu.

2. Buatlah jadwal makan dan tepatilah

Salah satu penyebab sakit maag adalah telat makan. Kadang gak gampang memang buat makan tepat waktu, terutama buat kamu yang punya banyak kesibukan. Untuk itu, gak ada salahnya buat kamu bikin jadwal makan. Gak cuma dibikin, tapi ditepati juga ya. Kalau pun kamu sibuk, kamu bisa menyiapkan makanan siap santap di tasmu.

3. Makanlah dengan porsi sedikit tapi sering

Sakit maag kambuh dan terasa nyeri karena lambungmu kosong. Daripada makan banyak sekaligus tapi gak makan lagi setelahnya, lebih baik makan sedikit-sedikit tapi sering. Itu jauh lebih efektif untuk mencegah sakit maag karena asam lambung gak naik saat lambung kosong.

4. Hindari makanan pedas, tinggi kafein dan asam

Buat kamu yang berpotensi sering kambuh, ada baiknya hindari dulu makan makanan pedas, tinggi kafein dan asam. Kalau kamu tergoda, ingatlah betapa sakitnya kalau kamu kena sakit maag. Dengan begitu, kamu akan jauh-jauh dari makanan tersebut.

5. Hindari rebahan setelah makan

Setelah makan kadang memang bikin ngantuk. Namun, jangan sampai kamu langsung rebahan ya. Itu karena rebahan bisa bikin asam lambung naik ke tenggorokan. Walhasil, sakit maag kambuh deh. Untuk itu, usahakan tunggu 30 menit setelah makan kalau ingin rebahan ya!

6. Perbanyak istirahat, terutama jika sedang sakit

Salah satu cara terjitu untuk meredakan sakit maag dengan banyak istirahat. Hentikan semua aktivitas, terutama saat sakit maag kambuh. Lebih baik istirahat sejenak atau kalau perlu sampai kamu pulih. Kelelahan dan stres hanya akan membuat sakit maag makin parah.

7. Berpuasa juga bisa membuat sakit maag jadi lebih baik

Menurut Dr. Hk. Bhakru, penulis buku The Complete Handbook of Nature Cure, cara tradisional untuk mengobati sakit maag dengan menjalani puasa. Puasa membuat jadwal makanmu menjadi lebih teratur. Namun, kamu pun juga perlu diet yang tepat untuk memenuhi nutrisimu ya. Untuk menjalani puasa, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Usaha-usaha di atas bisa meredakan sakit maag jika dijalani secara rutin. Jika sewaktu-waktu kambuh dan terasa amat menyakitkan, jangan ragu-ragu untuk berobat ke dokter ya!
(Equityworld Futures)