Equityworld Futures | 7 Gejala Ringan Ini Ternyata Indikasikan Kamu Ada Masalah Jantung Lho!

pt equityworld

Equityworld Futures | Gangguan jantung menghantui masyarakat modern di jaman sekarang. Di Amerika, satu dari tiga kematian diakibatkan karena stroke dan penyakit jantung di mana tiap tahunnya kurang lebih 785 ribu masyarakat negara tersebut terkena serangan jantung. Ini menjadikan permasalahan jantung tidak boleh diremehkan, mengingat kematian membayangi kasus ini.

Mereka yang meninggal akibat serangan jantung atau gangguan jantung lainnya umumnya dikarenakan luput mengenali gejala yang ada. Itu karena gangguan jantung memiliki gejala-gejala yang sederhana layaknya hal-hal yang biasa kita rasakan sehari-hari. Apa sajakah gejala yang dimaksud? Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Tekanan di daerah punuk

Perlu dimengerti bahwa serangan jantung tidak selalu mempengaruhi jantung, tetapi itu juga dapat dirasakan bagian tubuh yang lain. Selain rasa tertekan di bagian jantung, rasa tersebut juga dirasakan di bagian punuk. Oleh karena itu, jika kamu merasakan hal tersebut ada baiknya kamu memeriksakan jantungmu karena ada indikasi serangan jantung.

2. Pergelangan kaki yang membengkak

Pembengkakan kaki memiliki banyak penyebab, namun bengkak tersebut juga bisa menandakan kamu terkena sakit jantung. Bengkak ini berbeda dengan bengkak yang terjadi karena kamu terlalu banyak makan.

Kasus membesarnya kaki ini terjadi begitu cepat dan parah serta menjalar ke bagian-bagian tubuh yang lain. Periksakan diri juga sudah menemui gejala seperti ini.

3. Sakit kepala

Sakit kepala banyak jenisnya. Mulai dari vertigo hingga migrain. Sepertinya remeh, namun jangan disepelekan karena faktanya sakit kepala bisa disebabkan karena adanya penyumbatan aliran darah atau pertanda stroke jantung. Jika kamu merasakan sakit kepala yang tidak diikuti gejala atau rasa tidak enak yang lain, itu bisa menjadi tanda ada sesuatu yang tidak beres dengan jantungmu.

4. Kelelahan

Banyak yang sulit mengenali hal ini sebagai pertanda penyakit jantung. Itu karena kelelahan bisa disebabkan karena kurangnya tidur dan terlalu banyaknya aktifitas, tapi terdapat pula kelelahan yang terjadi karena penyebab yang tidak jelas. Itulah yang harus kamu perhatikan, terlebih jika tingkat kelelahan tersebut tidak normal. Jika dirimu sehat dan fit akan tetapi ketika menaiki tangga yang pendek sudah kelalahan dan kehabisan napas, bisa jadi itu adalah tanda lemah jantung.

5. Keram perut

Seperti maag, keram perut sangatlah menyakitkan untuk tubuh bagian pusar. Jangan diremehkan karena itu dapat menyebabkan kematian bagi yang merasakannya. Keram perut bisa jadi diakibatkan rasa sakit di jantung yang tersalurkan ke area perut. Memang ada faktor seperti pencernaan yang tidak baik dan juga flu, tetapi jika keram ini belum pernah kamu rasakan sebelumnya, langsung datangilah dokter.

6. Pingsan

Pingsannya seseorang sering diakibatkan karena turunnya tekanan darah dan hal ini bisa disebabkan berbagai hal, termasuk serangan jantung. Hal itu dikarenakan peredaran darah yang kurang efektif sehingga menyebabkan detak jantung yang rendah. Mengerikan ketika kamu sering kali mengalami pingsan dan hal itu diikuti dengan gejala yang lain.

7. Pusing

Seperti gejala-gejala yang lain, pusing selalu diremehkan oleh para penderitanya. Mereka mengira hal tersebut terjadi lantaran kurang tidur dan penyebab-penyebab sepele lainnya, seperti berdiri terlalu cepat, dehidrasi, atau karena penyakit ringan lainnya.

Akan tetapi jika rasa pusing itu tak kunjung selesai, sebaiknya kamu mulai mengkhawatirkan kesehatanmu dan segera datang ke dokter. Ada kemungkinan rasa pusingmu diakibatkan darah yang dipompa oleh jantungmu tak dapat disalurkan ke otak karena adanya gangguan.

Apakah kamu atau kerabatmu ada yang memiliki gejala-gejala yang disebutkan di atas? Jika iya, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah benar ada permasalah jantung atau tidak. (Equityworld Futures)