Equityworld Futures | 7 Tips Supaya Tetap Sehat dan Awet Muda, Meski Sering Lembur Kerja. Nggak Mau Kan, Menua Sebelum Waktunya?

pt equityworld

Equityworld Futures |  Sibuk kerja, ditambah aktifitas lain kerap membuat kamu kurang punya waktu buat istirahat. Entah kenapa, untuk memejamkan mata sejenak saja rasanya sulit dilakukan lantaran ada banyak tugas yang harus diselesaikan. Tapi mau bagaimana pun, kamu harus pandai menyempatkan waktu menjaga kesehatan. Jika tubuh dan pikiran dipaksa terus bekerja, apa yang kamu lakukan hasilnya nggak akan memuaskan.

Tanpa harus rutin fitness atau diet ketat, kamu bisa terapkan langkah-langkah sederhana untuk menjaga kesehatan. Syukur-syukur kalau bisa membuat dirimu tetap awet muda. Kayak gimana ya caranya? Yuk, simak tujuh tips simpel yang bisa menjaga kesehatan dan awet muda, meski kamu sering lembur kerja.

1. Jangan takut terpapar sinar matahari sesekali karena baik untuk kesehatan tulang. Asalkan sunblock tetap digunakan

Sering terkena sinar matahari biasanya takut menyebabkan komedo dan kulit menghitam. Meski begitu, bukan berarti kamu selalu menghindari sinar matahari, lho. Karena mau bagaimana pun, sinar matahari mengandung vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang. Cukup sesekali paparkan diri ke sinar matahari, terutama saat masih pagi semisal 10-15 menit. Jika tidak sempat, kamu bisa lakukan di siang hari semisal jam 11-3 sore. FYI, vitamin D penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi, memelihara kesehatan otot, serta membuat sistem kekebalan tubuh bekerja secara normal. Jika kekurangan vitamin D, dikhawatirkan kamu bisa mengidap penyakit radang sendi kronis hingga osteoporosis.

2. Sempatkan diri untuk jalan kaki. Selain bikin tubuh lebih segar, jalan kaki juga bagus bagi kesehatan jantung

Mungkin, kamu sudah malas duluan jalan kaki lantaran panas dan bikin lelah. Tapi sebenarnya, jalan kaki bermanfaat bagi kesehatan jantung dan membantu tubuh menjadi lebih segar. Apalagi kalau terlalu sering lembur kerja – yang bikin tubuh pegal dan butuh sedikit gerakkan. Di sisi lain, jalan kaki beberapa menit bisa mengurangi stres, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung. Denyut jantung dapat meningkat, pun demikian sirkulasi darah di dalam tubuh. Nggak cuma itu, jalan kaki juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah. Namun jika kamu ada masalah dengan jantung, bisa dikonsultasikan dulu ke dokter agar bisa lebih diatur lagi seberapa kuat untuk berjalan.

3. Rutinkan seminggu sekali berolahraga, bisa jogging, renang, atau seru-seruan bulu tangkis bareng teman

Selain jalan kaki, kamu bisa mulai dari sekarang olahraga ringan seperti jogging. Atau kalau kamu mau manfaatkan momen olahraga sebagai temu-kangen teman, kamu bisa renang atau main bulu tangkis bareng. Jangan lupa, sebelumnya kamu harus lakukan pemanasan dulu supaya otot-ototmu nggak kaget. Gerakan-gerakan olahraga ini bisa menyegarkan tubuh dan tanpa disadari memberi efek awet muda karena membuat diri menjadi segar dan lebih bahagia.

4. Kurangi menyantap daging merah karena jika berlebihan dapat membahayakan kesehatan

Menurut sebuah penelitian terhadap 545.000 orang Amerika yang dilansir dari Reader’s Digest, setidaknya 30 persen orang yang makan sekitar empat ons daging sapi atau babi sehari (dalam ukuran burger) bisa meninggal lebih awal dibanding dengan mereka yang mengonsumsi satu ons atau kurang setiap hari. Mengurangi konsumsi daging merah antara lain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Jadi, mulai sekarang jangan terlalu sering makan daging merah di kantor ya.

5. Tetap makan buah dan cukup konsumsi air mineral

Buah-buahan dan air mineral nggak cuma bagus untuk kesehatan, tapi membantu kulit berseri setiap saat. Sehingga, waktu istirahat yang kurang dan pikiran mumet dapat tertutupi lewat kecerahan kulit. Apalagi kerja di dalam ruangan AC dapat membuat kulit kering dan kusam. Kamu yang sudah lelah, akan makin terlihat kucel. Karena itu, kamu tidak boleh melewatkan buah-buahan dan air mineral selama bekerja hingga tengah malam. Minumlah setidaknya segelas air sebelum mengonsumsi kopi dan cobalah minum dua gelas air sebelum makan siang.

6. Jaga kebersihan tubuh dengan cuci muka atau kalau sempat mandi

Nggak ada salahnya kamu selalu sediakan sabun pembersih wajah di kantor. Sebagai antisipasi kalau kamu bisa sampai tengah malam lembur. Hal ini penting demi mengangkat minyak wajah seharian dan sisa-sisa make-up yang dipakai sejak pagi. Bahkan, kalau bisa kamu sempatkan mandi semisal ada rekan kerja yang tinggalnya dekat kantor. Selain lebih segar, kebersihan tubuh terjaga.

7. Tetapkan tujuanmu agar hidup lebih tertata. Dengan begitu, kamu tahu hal positif apa saja yang harus dilakukan tiap harinya

Buat kamu yang belum bikin goals dalam hidup, sepertinya harus meluangkan waktu untuk membuatnya. Dengan tahu apa goals-mu, tiap harinya hidup kamu menjadi lebih tertata dengan baik. Kamu tahu apa prioritasmu, semisal kamu yang ingin menjadi seorang entrepreneur sukses, bisa dari sekarang mempersiapkannya. Mulai dari menjaga pola makan, mengatur waktu istirahat, dan menentukan kapan saja untuk beraktivitas berat. Karena orang yang memiliki tujuan hidup sangat memahami kalau kesehatan dan awet muda penting dalam mencapai cita-citanya.

Menjaga kesehatan dan tetap awet muda menjadi impian yang wajib kamu lakukan dari sekarang. Tujuh tips tadi bisa kamu aplikasikan pelan-pelan, lalu tanpa disadari mengubah hidupmu menjadi semakin baik. (Equityworld Futures)