Equityworld Futures | 8 Bahaya yang Bisa Saja Menimpamu Ketika Terlalu Banyak Makan Gorengan

Equityworld Futures | Siapa yang gak kenal dengan gorengan? Makanan ringan satu ini bisa kita nikmati di mana saja dan kapan saja. Harganya yang relatif murah dan rasanya yang enak, membuat gorengan mudah dicari di mana saja, bahkan di restoran mewah dengan penampilan yang lebih bagus. Selain itu, gorengan juga punya banyak variasi lho, mulai dari tempe goreng, tahu isi goreng, pisang goreng dan sebagainya. dikutip dari idntimes.com

Namun dibalik rasanya yang enak, ternyata gorengan menyimpan dampak buruk bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya. Berikut dampak buruk yang bisa saja menimpa kamu ketika mengonsumsi terlalu banyak gorengan.

1. Gangguan Pencernaan
Meskipun gangguan ini bukan masalah kesehatan yang serius, tapi sering dialami oleh banyak orang. Gangguan ini terjadi karena makanan berlemak yang sangat asam dan berat pada perut. Kondisi ini juga bisa terjadi karena kurang terjaganya kebersihan dalam mengolah maupun menyajikan gorengan.

2. Radang Tenggorokan
Makan gorengan berlebihan, artinya akan banyak minyak masuk ke dalam tubuh. Minyak yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada tenggorokan kalian. Tanda-tanda yang biasa muncul antara lain rasa panas pada tenggorokan, tenggorokan gatal, tenggorokan terasa kering, batuk-batuk dan lain sebagainya.

3. Nyeri Dada
Pernahkan kalian merasa nyeri di dada? Ini merupakan sensasi terbakar pada dada yang sering menjadi parah pada saat mengambil posisi berbaring atau membungkuk. Nyeri di dada disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke dalam esophagus (saluran makanan yang mengalirkan makanan dari mulut ke lambung), sehingga berakibat rasa nyeri pada dada.

4. Tukak Lambung
Tukak lambung atau ulkus adalah luka yang terjadi pada dinding lambung akibat mukus (membran yang melindungi ulkus) yang menyelimutinya rusak. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri pada sistem pencernaan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Pylori.

5. Kolesterol Tinggi
Penggunaan minyak goreng yang berulang-ulang bisa memicu kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, bisa menyebabkan diabetes dan beberapa penyakit lain.

6. Stroke
Dalam satu potong gorengan terdapat sekitar 19% lemak. Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan bisa menyebabkan terjadinya menggumpalan atau penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak inilah yang memicu terjadinya stroke.
7. Kanker
Proses penggorengan bahan baku menjadi gorengan akan menghasilkan zat yang dinamakan karsinogen yang bisa memicu kanker yang disebut akrilamida. Ketika zat ini bertumpuk dan semakin banyak maka lama kelamaan akan menjadi kanker.

8. Obesitas
Sebenarnya, gorengan terbuat dari berbagai bahan makanan yang mengandung banyak vitamin dan protein yang baik seperti pisang, tahu, dan tempe. Namun, dalam membuat gorengan, tentunya kita membutuhkan minyak goreng. Dalam 1 sdm minyak goreng , terdapat kandungan lemak murni sebanyak 13,6 gram dan 117 kalori. Sehingga saat kita mengonsumsi gorengan, yang terjadi adalah tubuh akan menerima kelebihan kalori tersebut dan menjadikan kita obesitas.

Sesekali makan gorengan tak masalah, namun kamu juga perlu mengimbanginya. Perbanyak konsumsi sayur atau mengolah makanan menjadi direbus atau dikukus tentu akan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. (Equityworld Futures)