Equityworld Futures | Akibat Mengerikan dari Begadang, Depresi Hingga Kematian!

PT Equityworld Futures 1017164

Equityworld Futures | Tidur merupakan suatu kondisi istirahat alami yang dialami oleh manusia dan hewan-hewan lainnya yang sangat penting untuk kesehatan. Setiap manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar sepertiga waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Terkadang ada saja orang yang tidur kurang dari yang ditentukan seharusnya.

Lantas apa risiko yang terjadi jika hal tersebut dilakukan? Berikut adalah penjelasannya :

1.Gangguan Kemampuan Belajar

Bagi pelajar dan mahasiswa atau semua orang yang menjalankan sedang menjalani program studi maka kurang tidur bisa menyebabkan kurangnya kemampuan kognitif. Hal ini disebabkan karena kurang tidur akan membuat otak kurang konsentrasi, tidak bisa memiliki ingatan yang baik, tidak bisa menggunakan nalar dengan baik dan sulit untuk menemukan solusi masalah.

Bagi orang yang sedang menjalani studi maka akibatnya bisa sangat komplek seperti penundaan kelulusan dan penurunan prestasi. Tidur bisa membuat otak mengalami proses yang menyenangkan seperti meningkatkan kekuatan ingatan dan menyimpan memori.

2.Depresi

Kurang tidur karena berbagai sebab juga bisa menyebabkan depresi yang sangat berat. Hal ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki kebiasan hanya tidur selama kurang dari enam jam perhari.

Gejala yang paling sering di temukan adalah seperti rasa cemas berlebihan, menjadi lebih sensitive, mudah tersinggung dan kondisi badan yang kurang sehat. Depresi bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit termasuk jantung dan kanker.

3.Penyakit Jantung

Sistem jantung pada dasarnya bisa bekerja dengan baik sesuai dengan kondisi tubuh. Jika Anda sama sekali tidak memiliki kelainan jantung atau gejala penyakit jantung, maka kebiasaan kurang tidur bisa menyebabkan masalah jantung. Hal ini disebabkan karena sistem pembuluh darah dan kekuatan jantung saat memompa darah tidak bisa berjalan dengan baik.

Beberapa gangguan yang paling sering terjadi adalah seperti serangan jantung, gagal jantung, detak jantung yang terlalu cepat dan denyut jantung yang tidak teratur. Kondisi jantung yang kurang baik juga bisa meningkatkan resiko penyakit lain. Jadi tidur cukup akan mengurangi resiko masalah kesehatan pada jantung.

4.Gangguan Fungsi Mental

Fungsi mental sangat penting untuk membuat tubuh dan otak bisa bekerja dengan baik. Tidur yang cukup akan membantu mengendalikan fungsi mental sehingga bisa mencegah depresi, gangguan pikiran dan perasaan murung yang berlebihan. Jadi jika kurang tidur maka potensi terkena gangguan mental juga akan lebih tinggi.

Kondisi ini sering ditandai dengan kurang konsentrasi, mudah emosi dan mudah tersinggung. Jika terjadi pada orang yang bekerja maka bisa menyebabkan gangguan pada pekerjaan.

5. Kematian

Kematian sebenarnya bisa terjadi ketika tubuh sudah mengalami gangguan yang sangat kompleks. Penyakit komplikasi akibat kurang tidur seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes bisa menyebabkan kematian. Gangguan kurang tidur biasanya akan terakumulasi dalam waktu yang lebih lama meskipun pada tahap awal sering menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. Jadi lebih baik untuk cukup tidur agar tubuh bisa istirahat dengan baik.

Itulah kelima risiko jika kamu tidak tidur selama 6-8 jam dalam satu hari yang telah penulis rangkum, semoga dengan diterbitkannya artikel ini, pembaca menjadi lebih hati-hati dalam menjaga jam tidur dan tidur 6-8 jam dalam satu hari. Terimakasih. (Equityworld Futures)

Save