Equityworld Futures | Amalia Hernandez Navarro – Fakta Penting Sosok Perempuan yang Terkenal dengan Tarian Balet

Equityworld Futures | Google memeringati tokoh wanita asal Mexico.
Adalah Amalia Hernandez Navarro.
Perempuan ini lahir di Mexico pada 1 September 1917.

Amalia Hernandez meninggal dunia pada 5 November 2000.

Tokoh perempuan ini dikenal sebagai koreografer balet Meksiko.

Ia sekaligus pendiri Ballet Folklorico de Mexico yang terkenal di dunia.

Amalia Hernandez lahir dari keluarga perwira militer dan politisi Lamberto Hernández dan istrinya Amalia Navarro.
Dia adalah pelopor dalam mengembangkan Baile Folklorico.

Tahun 1952, Amalia Navarro mendirikan Ballet Folkloric Meksiko dengan hanya 8 penari.

Pada tahun 1959, ansambel telah berkembang menjadi 60 pemain.

Ini ditugaskan untuk mewakili Meksiko di Pan American Games di Chicago, Illinois, pada tahun 1959.

Sejak tahun 1960, Amalia menciptakan lebih dari 60 koreografi.

Baletnya yang terkenal telah tampil tanpa terputus pada hari Minggu pagi dan Rabu malam di Istana Seni Rupa di Mexico City.

Selain itu, ia mendirikan Folkloric Ballet School di Mexico City, saudara laki-lakinya, arsitek Agustin Hernandez, merancang bangunan tersebut pada tahun 1968.

Equityworld Futures | Siapa Amalia Hernandez, Sosok yang Muncul di Google Doodle?

Equityworld Futures | Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-100 penari dan koreografer Amalia Hernandez. Ia mendirikan Ballet Folklorico de Mexico dan menggunakannya untuk berbagi budaya Meksiko kepada dunia.

Lahir pada 19 September 1917 di Mexico City, Hernandez mengembangkan semangat untuk tampil dan menari di awal kehidupan. Ia menjadi koreografer di Institut Seni Rupa Seni, di mana Hernandez mengajar tarian modern.

Hernandez kemudian mengalihkan perhatiannya pada tarian rakyat Meksiko tradisional. Ia menggabungkan tarian ini dengan gerakan koreografer yang lebih dari pelatihan formal, membantu menciptakan gaya tarian yang sama sekali baru yang dikenal sebagai baile folklorico.

Pada 1952, Hernandez mendirikan Ballet Folklorico de Mexico. Dimulai dengan delapan penari, rombongan ini berkembang menjadi lebih dari 300 tahun untuk diikuti.

Perusahaan tampil di televisi untuk pertama kalinya pada 1954, setelah itu mereka ditampilkan dalam siaran mingguan. Keberhasilan ini memungkinkan kelompok Amalia untuk tur ke Amerika Utara dan bahkan mewakili Meksiko di Pan American Games pada 1959.

Ballet Folklorico de Mexico masih eksis hingga saat ini. Sejak awal, kelompok ini telah menari hingga beranggotakan lebih dari 22 juta orang. Hernandez tetap terlibat dengan perusahaan tersebut sampai kematiannya pada 2000, bekerja sama dengan anak perempuan dan cucunya.

Hernandez dikenang sebagai duta budaya Meksiko yang warisannya bertahan melalui Ballet Folklorico. (Equityworld Futures)

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC, PT EWF

Save