Equityworld Futures | AS Merecoki Hong Kong, Harga Emas Dunia Tak Kuat Nanjak!

pt equityworld emas

Equityworld Futures | Harga emas dunia perlahan memangkas penguatannya pada perdagangan Kamis tadi malam (28/11/19). Meski hubungan Amerika Serikat (AS) dengan China sedang memanas, nyatanya logam mulai ini tidak kuat menanjak lagi.

Pada pukul 19:54 WIB tadi malam, penguatan emas tersisa 0,07% berada di level US$ 1.455,33/troy ons, berdasarkan data Refinitiv. Padahal pagi tadi harga emas menguat 0,27% ke level US$ 1.458,2/troy ons.

Hubungan Washington dengan Beijing memanas lagi setelah Presiden AS Donald Trump pada Rabu waktu setempat menandatangani Undang-Undang (UU) penegakan hak asasi manusia dan demokrasi Hong Kong yang sebelumnya telah disetujui oleh Kongres AS.

Salah satu poin dalam UU tersebut adalah pemberian sanksi bagi pejabat China yang terbukti melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Hong Kong. Pemerintah Beijing sebelumnya sudah berulang kali mengingatkan AS agar tidak mencampuri urusan Hong Kong yang merupakan bagian dari China.

Menteri Luar Negeri China pagi ini memberikan pernyataan yang keras. “Pemerintah China akan membalas jika AS terus melakukan hal semacam ini. AS adalah pihak yang harus bertanggung jawab,” tegas pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri China, seperti diberitakan Reuters.

Keputusan AS ikut campur masalah di Hong Kong bisa jadi membuat China mempertimbangkan kembali kesepakatan dagang dengan AS. Apalagi beberapa pejabat China sebelumnya mengatakan meski ingin adanya kesepakatan dagang, tetapi China siap untuk perang dagang lebih lanjut.

Presiden Trump sampai saat ini masih berencana menaikkan bea masuk importasi produk dari China dengan total nilai US$ 160 miliar pada 15 Desember. Jika sampai batas waktu tersebut AS-China belum meneken kesepakatan fase satu, maka bea masuk akan berlaku perang dagang bukannya berakhir malah bisa tereskalasi.

Potensi eskalasi perang dagang seharusnya membuat harga emas bisa menguat lebih tinggi, tetapi yang terjadi justru sebaliknya, penguatan yang diraih sejak pagi tadi perlahan terpangkas, emas bahkan terancam melemah lagi. (Equityworld Futures)