Equityworld Futures | Bukan Tanpa Alasan Jantungmu Berdegup Kencang, Ini 10 Lho Penyebabnya!

pt equityworld

Equityworld Futures | Pastinya tidak jarang kamu merasakan detak jantungmu berdetak dengan kencang dan itu merupakan rasa yang aneh karena sebelumnya itu tidak pernah terjadi. Biasanya itu sering dirasakan ketika sehabis minum kopi atau minum obat.

Tetapi apakah hanya dua itu saja yang membuat detak jantungmu berdegup dengan kencang? Tentu saja tidak. Ada hal lain yang mempengaruhinya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab paling umum jantungmu berdegup kencang!

1. Kamu stres

Saat merasakan stres, tubuhmu mengeluarkan hormon adrenalin. Reseptor di jantungmu menerima hal ini dan membuat jantungmu berdetak kencang.

2. Konsumsi kafein

Beberapa orang memang kuat dalam mengonsumsi kafein, tetapi terlalu banyak akan menaikkan detak jantungmu. Itu karena kafein sendiri melepaskan hormon adrenalin di dalam tubuh. Amannya bagi seorang dewasa untuk konsumsi kafein adalah 400 miligram atau setara empat cangkir kopi.

3. Terkena demam

Melawan infeksi yang terjadi di tubuh membutuhkan energi yang lebih banyak. Oleh karena itulah, jantungmu berdetak lebih cepat untuk memompa darah demi mengeluarkan infeksi dari tubuh.

4. Kurang tidur

Saat tertidur, tubuhmu tidak melakukan apa-apa dan membuat jantung melambat. Selain itu, tidur juga menjadi waktu pelepasan adrenalin. Jika tidak atau kurang tidur, adrenalin yang ada ketika beraktifitas tidak hilang hingga menyebabkan jantungmu berdetak kencang.

5. Meminum obat

Banyak obat memberikan efek memompa jantung lebih cepat. Umumnya adalah obat-obat yang mampu membantu sirkulasi darah (dan adrenalin).

6. Kehamilan

Kehamilan memberikan pengalaman perubahan drastis yang terjadi pada tubuh, termasuk jantungmu. Jantungmu akan berdetak lebih kencang karena harus mendukung pertumbuhan janin yang mana membutuhkan darah ekstra.

7. Serangan panik

Serangan panik ditunjukkan dengan adanya ketakutan yang tiba-tiba, bahkan hingga membuat lumpuh. Detak jantung yang berdegup kencang merupakan salah satu cirinya.

8. Tiroid tidak terkontrol

Kelenjar tiroid adalah salah satu organ yang memproduksi berbagai macam hormon. Jika kamu terkena hyperthyroidism, tiroidmu tidak bisa dikontrol yang mana melepas banyak hormon tiroksin dan mengubah metabolisme tubuh. Itu banyak berpengaruh ke detak jantung.

9. Kena anemia

Anemia sering terjadi saat tubuhmu kekurangan oksigen. Bisa jadi dikarenakan pula kurang sel darah merah di dalam tubuhmu. Efek dari fenomena tersebut adalah jantungmu harus bekerja lebih keras untuk memproduksi darah lebih banyak dan itu membuatmu merasakan degup kencang.

10. Terkena aritmia jantung

Aritmia adalah kondisi di mana jantungmu tidak berdetak dengan benar dikarenakan kerusakan aliran listrik di jantung. Aritmia memiliki banyak bentuk. Salah satunya adalah membuat jantungmu berdetak lebih cepat. Biasanya ini diikuti gejala mual, pusing, sakit di dada dan susah bernapas.

Begitulah kurang lebih kenapa detak jantungmu berdegup kencang. Rata-rata bukanlah kasus yang perlu diwaspadai sampai-sampai harus ke dokter atau rumah sakit. Tapi kalau itu tidak berhenti-berhenti, sebaiknya tetap diperiksakan. (Equityworld Futures)