Equityworld Futures | Coba Matikan Smartphone 3 Jam Sehari, Lihat Apa yang Berubah Pada Hidupmu!

Equityworld Futures | Fungsinya yang sangat banyak termasuk berkomunikasi dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun bikin kita gak bisa jauh-jauh dari smartphone.

Tapi kamu sudah tahu belum kalau ternyata ada banyak manfaat jika mematikan smartphone minimal 3 jam dalam sehari? Kira-kira apa aja ya? Ini alasannya!

1. Sudah seakan jadi pepatah lama yang berkata bahwa, “Smartphone membuatmu mendekatkan yang jauh, tapi menjauhkan yang dekat.”

Padahal kamu sangat sering mendapati temanmu merasa kesal karena diacuhkan saat kamu sibuk bermain smartphone. Seakan-akan smartphone-mu lebih berharga daripada manusia di dekatmu yang juga membutuhkan komunikasi yang baik.

2. Smartphone sering kali membuatmu apatis dengan lingkungan sekitar. Tidak jarang acara kumpul bersama cenderung gagal karena malah sibuk dengan urusan masing-masing.

Tidak jarang kalau hubunganmu menjadi tidak baik hanya karena smartphone.

3. Ketika bermain smartphone, kamu akan cenderung merasa selalu bisa melakukan pekerjaan secara multitasking. Padahal, kamu justru tidak bisa menyelesaikan satu pekerjaan dengan sangat optimal.

Dengan mematikan smartphone, otakmu akan bekerja dengan lebih baik.

Contoh saja ketika kamu sedang mengerjakan tugas sambil sesekali mengecek smartphone, sadar atau tidak, sebenarnya hasil pekerjaanmu tidak akan sebaik ketika kamu bisa fokus pada satu pekerjaan yang kamu sedang lakukan.

4. Kamu bisa sangat berkonsentrasi saat rapat atau acara yang kamu lakukan karena tidak pernah terlambat mendengarkan poin-poin penting.

Suatu ketika saat kamu sedang duduk di sebuah rapat, kamu merasa pembicaraan mulai membosankan atau kamu pikir sudah mengetahui materi itu. Kemudian kamu mengecek smartphone dan menemukan obrolan atau isu menyenangkan di media sosial. Padahal kamu akhirnya melewatkan pembicaraan penting yang seharusnya kamu dengarkan dengan seksama.

5. Kamu akan tidur lebih baik dan bangun dengan sangat baik.

Ketika kamu tidur dengan ponselmu sebagai contoh, kamu sebenarnya tidak akan pernah bisa tidur dengan sangat nyenyak. Begitu juga ketika bangun tidur, rasa penasaran atau gelisah membuatmu tidak sabar untuk segera mengecek handphone. Padahal kamu akan merasa lebih baik ketika tidak harus terlalu peduli pada hal-hal yang sebenarnya tidak ada urgensinya.

6. Kamu akan mempunyai kemampuan yang lebih baik dalam memecahkan sebuah masalah dan berbagai ide cemerlang.

Sadarkah kamu seberapa banyak ide yang kamu dapatkan ketika kamu sedang bermain bebas di luar atau di saat tidak ada apapun yang menggangumu? Ini juga terjadi ketika kamu terbebaskan dari segala belenggu smartphone-mu.

7. Bahkan dari segi kesehatan, radiasi yang dipancarkan dari smartphone bisa kamu minimalisir.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa terlalu sering bersama sinyal smartphone yang sedang aktif sebenarnya bisa mengganggu kesehatan.

8. Lebih hebat lagi, kamu bisa lebih menikmati berbagai quality time bersama teman-temanmu, keluargamu, bahkan dirimu sediri tanpa harus resah dengan urusan di luar sana.

Kadang kita memang harus benar-benar hidup di dunia nyata tanpa dibebankan urusan-urusan di dunia maya. Hal ini juga berguna untuk refreshing otakmu loh!

Memang tidak dapat dipungkiri kalau smartphone adalah teknologi yang memudahkan. Tapi tidak ada ruginya kalau menyempatkan untuk mematikannya selama beberapa jam dalam sehari. (Equityworld Futures)