Equityworld Futures | Dari Berminyak Jadi Kering, 10 Fakta Jenis Kulit Wajahmu Bisa Berubah

pt equityworld

Equityworld Futures | Mengenal jenis kulit wajahmu itu penting banget, terutama untuk mengetahui perawatan dan produk kecantikan yang perlu kamu pakai. Pada dasarnya jenis kulit wajah bisanya gak berubah, namun kenapa ya kadang jenis kulitmu yang mungkin berminyak tiba-tiba bisa jadi kering? Dilansir dari WebMD, yuk kenali fakta-fakta unik tentang kulit wajah yang bisa berubah berikut.

1. Gak hanya jenis kulit kering dan berminyak, namun juga ada jenis kulit kombinasi

Bisa jadi bukan karena berubah, melainkan kamu gak memahami bahwa jenis kulitmu adalah tipe kombinasi. Biasanya, orang dengan jenis kulit wajah kombinasi cenderung memiliki hidung, dagu dan dahi yang berminyak. Sementara, di luar area tersebut, kulit wajahmu cenderung kering.

2. Jenis kulit wajah berhubungan dengan genetik

Jenis kulit seseorang biasanya berhubungan dengan genetik sehingga gak mungkin berubah dari berminyak jadi kering atau mungkin dari sensitif menjadi normal. Namun, ada faktor-faktor lain yang bisa mengubahnya sedikit berbeda dari biasanya.

3. Jenis kulit wajah yang berubah bisa karena faktor usia

Penuaan berperan terhadap kulit seseorang. Semakin tua biasanya seseorang akan berkurang produksi kelenjar minyaknya. Itu sebabnya, kulit wajahmu yang awalnya mengkilap jadi kering.

4. Adanya perubahan musim atau cuaca

Ternyata, faktor musim juga berperan terhadap perubahan kulit wajahmu. Kamu jangan heran kalau kamu merasa kulitmu jadi kering saat musim berganti.

5. Pengaruh lingkungan yang kotor dan kurang bersahabat

Beberapa di antaranya karena wajahmu sering terpapar polusi, radikal bebas dan sinar ultraviolet.

6. Perubahan hormon, biasanya terjadi pada perempuan

Hormon ternyata juga memegang peranan penting terhadap kelenjar kulitmu. Seorang perempuan biasanya akan mengalami perubahan tingkat hormon saat menstruasi, hamil dan pramenopause.

7. Pemberian obat topikal

Beberapa contohnya, seperti penggunaan obat jerawat, vitamin atau retinoid ternyata bisa mengubah kondisi kulitmu menjadi memburuk.

8. Sedang menjalani pengobatan tertentu

Seseorang yang sedang dalam pengobatan, misalnya sedang menggunakan obat diuretik cenderung membuat kondisi kulit menjadi kering.

9. Bisa juga karena kekurangan vitamin

Perhatikan juga pola makan dan dietmu. Diet yang kurang seimbang bisa berdampak pada kurangnya kecukupan gizi sehingga kulit jadi sensitif dan kering.

10. Apa pun jenis kulitmu, harus terus dirawat ya

Jangan lupa gunakan tabir surya untuk mengurang paparan sinar UVA dan UVB. Kamu pun bisa mencegahnya dengan menggunakan topi dan kacamata. Gunakan pelembab pada kulit wajah dan hapus riasan wajah saat akan tidur. Minumlah air putih yang banyak dan hindari merokok.

Jika kamu mengalaminya, jangan panik. Apa pun kondisi kulit wajahmu, tangani dengan baik ya. Rajinlah cuci muka dan jaga agar tetap bersih. Jika kamu merasa kulit wajahmu terasa aneh dari biasanya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. (Equityworld Futures)