Equityworld Futures | Google Doodle Hari Ini Tampilkan Katy Jurado, Siapa Dia?

pt equityworld

Equityworld Futures | Seperti biasa, Google selalu menampilkan peringatan peristiwa penting atau seseorang dalam laman pencariannya. Dikenal dengan nama Google Doodle, tampilan awal pencarian ini selalu berhasil menarik perhatian para pengguna internet.

Kali ini, Google menampilkan sosok Katy Jurado dalam laman pencariannya. Dikutip dari Google, Selasa (16/1/2018), hari ini merupakan peringatan ulang tahun ke-94 dari aktris kelahiran Meksiko tersebut.

Lantas, siapakah Katy Jurado yang tampil di Google Doogle hari ini? Katy dikenal sebagai aktris yang berhasil menuai kesuksesan di industri film Amerika Serikat dan Meksiko sekitar tahun 1940-an.

Jurado kerap memainkan karakter wanita kuat atau dikenal sebagai ‘femme fatale’. Ia berhasil mencuri perhatian ketika bermain dalam masa keemasan film Meksiko, termasuk La vida inútil de Pito Pérez yang menuai kesuksesan.

Meski ketika awal karirnya, ia sempat ditentang oleh keluarga, wanita yang memiliki nama asli Maria Cristina Jurado Garcia ini ternyata memilih untuk menandatangi kontrak secara diam-diam dan memulai karir.

Karir Hollywood pertamanya, dimulai di film Bullfighter and the Lady pada 1951. Ketika itu, karena tak fasih berbahasa Inggris, Katy mengucapkan dialog dengan menghafal bunyi dari kata-kata tersebut.

Terlepas dari pendekatan tak biasa itu, aksinya berhasil menarik perhatian seorang produser Hollywood kenamaan. Ia pun berhasil berperan dalam film bertema western klasik, yakni High Noon.

Katy memainkan karakter penting bernama Helen Ramirez dengan sangat apik. Karenanya, ia diganjar penghargaan untuk Aktris Pendukung Terbaik dalam ajang Golden Globe Awards.

Penghargaan lain yang juga diterimanya termasuk tiga Silver Ariel Awards dan beberapa nominasi untuk ajang Academy Awards. Hingga akhir hayatnya, ia sudah membintangi 71 film.

Di luar karirnya sebagai aktris, Katy juga dikenal sebagai wanita pemberani dan menarik bagi sekelilingnya. Aktor Marlon Brando dan novelis Louis L’Amour adalah beberapa orang yang dikenal dekat dengannya.

Menurut sejumlah pihak, aktingnya berhasil melampaui gambaran umum dari seorang wanita Meksiko pada masa itu. Bakatnya itu pula yang disebut mampu membuka pintu bagi aktris Meksiko untuk berakting di Hollywood hingga saat ini.

Menjelang akhir hayatnya, ia diketahui sempat mengidap penyakit jantung dan paru-paru. Ia meninggal karena gagal ginjal dan penyakit paru-paru pada tanggal 5 Juli 2002 di usia 78.

Sama seperti aktris kenamaan lain, nama Katy Jurado juga terpampang di Hollywood Walk of Fame Hollywood Boulevard 7065. Ia dianggap telah berkontribusi dalam industri film Amerika Serikat.

Equityworld Futures