Equityworld Futures | Harga Emas Terkoreksi Dengan Reboundnya Saham Dunia

pt equityworld

Equityworld Futures | Harga emas turun pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat dengan pasar saham global mengalami rebound pada akhir minggu dari tekanan jual yang terjadi pada hari Kamis minggu lalu. Harga emas dan perak sempat mengalami kenaikan permintaan “safe-haven” pada hari Kamis dengan menciutnya minat terhadap resiko dari para investor dan trader.

Emas berjangka bulan Juni terakhir turun $2.40 per ons pada $1,283.10. Perak Comex bulan Juli terakhir turun $0.053 pada $14.56 per ons.

Pasar saham dunia kebanyakan naik semalam. Indeks saham AS juga mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Pasar bergetar pada hari Selasa dengan perang dagang AS-Cina mendidih kembali, dengan kedua pemerintah meningkatkan retorika mereka satu dengan yang lain. AS juga sekarang mentargetkan perusahaan komunikasi raksasa Cina, Huawei, untuk dikenakan sanksi. Laporan Federal Reserve  New York mengatakan perang dagang dengan Cina akan membebankan orang Amerika rata-rata $813 per tahun.

Jika pasar saham AS mulai melemah, maka harga emas dengan cepat terdorong naik lebih tinggi.

PM Inggris Theresa May berkata dia akan mengundurkan diri dalam dua minggu agar supaya bisa memberikan jalan buat pemimpin yang lain untuk menyelesaikan kekacauan Brexit.

Apa yang kelihatan di pasar pada minggu lalu adalah penjualan minyak mentah yang dramatis. Minyak mentah Nymex pada hari Kamis minggu lalu turun ke kerendahan $57.33. Harga minyak mentah pulih sedikit pada hari Jumat dan diperdagangkan disekitar $58.50. Banyaknya persediaan minyak AS dan kekuatiran akan pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat kebanyakan di anggap sebagai penyebab turunnya harga minyak mentah. Turunnya harga minyak yang tajam adalah elemen “bearish” yang signifikan bagi kebanyakan pasar komoditi mentah, dengan minyak adalah pemimpin di dalam sektor komoditi mentah yang tidak terbantahkan.

Sementara, indeks dolar AS turun setelah mencatat ketinggian dua tahun pada hari Kamis. Pergerakan harga secara tehnikal menunjukkan “key reversal” bearish telah terjadi pada USDX.

Secara tehnikal, obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,267.30 setelah melewati $1,275.00 dan kemudian $1,272.10. Sedangkan obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,300.00 setelah melewati $1,287.10 dan kemudian $1,290.00.

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Awal Pekan Masih Tinggi, Namun Beresiko Turun

Equityworld Futures | Harga emas masih menyimpan tenaga yang kuat masuki perdagangan awal pekan hari Senin (27/05), setelah 2 hari berturut pekan lalu alami kenaikan hingga mendaki ke posisi tertinggi 5 hari. Pondasi kekuatan harga emas didapat dari anjloknya dolar AS dari posisi tertinggi 2 tahun dan dibatasi oleh kekuatan bursa saham.

Harga emas spot atau biasa disebut emas LLG sedang bergerak moderat dengan kenaikan 0,01 persen ke posisi $1.286,08 per troy ons setelah dibuka pada posisi $1.284,52 per troy ons. Akhir perdagangan pekan lalu harga emas ditutup pada posisi  $ 1,284,76 per troy ons.

Melihat posisi dolar AS awal pekan ini, masih bergerak terbatas di posisi terendah sepekan setelah terpukul oleh spekulasi tentang penurunan suku bunga Fed pasca buruknya data ekonomi dari Markit yaitu perlambatan aktivitas manufaktur AS pada bulan Mei. Yang kemudian ditambah dengan buruknya data  penjualan rumah baru atau New Home Sales yang dirilis akhir pekan lalu.

Namun pergerakan harga emas hari ini sedang dibatasi oleh sentimen kuatnya perdagangan aset resiko meskipun imbal hasil obligasi Amerika di pasar asia masih bergerak lemah.

Terpantau perdagangan saham global juga berusaha bergerak kuat melebihi dari perdagangan sebelumnya, pagi ini bursa saham Jepang dan Korea Selatan dibuka pada posisi yang lebih tinggi dari akhir pekan lalu. Jika bursa saham Asia semakin bergerak kuat membuat posisi tinggi harga emas bergeser.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan secara teknikal  harga emas  dapat naik terus  menuju posisi resistennya di  1286.86 – 1292.45. Namun jika berbalik arah akan turun  ke posisi support  di 1281.10 – 1276.80. (Equityworld Futures)