Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini, Jumat 29 Mei 2020

PT Equityworld

Equityworld Futures | Harga emas kembali meningkat setelah mencapai level terendah dua minggu di sesi sebelumnya, karena ketegangan antara Washington dan Beijing atas Hong Kong meningkat.

Dikutip dari laporan Monex Investindo Futures, harga emas juga didukung oleh rencana bank sentral dan stimulus jumbo dari pemerintah untuk meredam dampak dari pandemi Covid-19.

Pada perdagangan Jumat (29/5/2020) pukul 5.45 WIB, harga emas spot naik 0,1 persen atau 1,75 poin menjadi US$1.720,06 per troy ounce. Adapun, harga emas Comex kontrak Agustus 2020 meningkat 0,27 persen atau 4,7 poin menjadi US$1.733 per troy ounce.

Hubungan yang memburuk antara dua ekonomi terbesar di dunia itu dapat semakin memperparah aktivitas bisnis global, yang sudah berada di bawah tekanan kuat karena krisis akibat corona.

“AS dan Tiongkok memiliki perbedaan pendapat di banyak bidang. Ada perdagangan, dan ada penyelidikan tentang corona virus, dan sekarang perselisihan ini mengenai Hong Kong. Itu berita buruk bagi dunia karena merambah ke perdagangan,dan berdampak pada pertumbuhan global,” papar Monex, mengutip seorang analis di CMC Markets.

Sekretaris Negara AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Rabu (27/5/2020) bahwa Hong Kong tidak lagi memenuhi syarat untuk status khusus di bawah hukum AS, sementara Presiden Donald Trump mengatakan dia akan mengumumkan tanggapan minggu ini.

AS kemungkinan akan menanggapi undang-undang keamanan baru Tiongkok tentang Hong Kong. Di sisi lain, pelemahan ekonomi dan berlanjutnya suku bunga rendah juga mendukung emas.

Jepang menyetujui paket stimulus baru $ 1,1 triliun, sementara Uni Eropa meluncurkan stimulus jumbo sebesar 750 miliar euro.

Langkah-langkah stimulus besar cenderung mendukung emas, yang sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.