Equityworld Futures – Indeks Nikkei di Bursa Jepang pada awal perdagangan Kamis (14/07) dibuka positif, saat ini terpantau naik 36,07poin atau 0,22 persen di 16.267,50. Penguatan indeks Nikkei karena investor menunggu rincian dari rencana stimulus Perdana Menteri Shinzo Abe.

Lihat : Bursa Tokyo 13 Juli Naik Tertinggi 1 Bulan Terdorong Harapan Stimulus Abe

Bursa saham Tokyo telah memimpin kebangkitan ekuitas Asia pekan ini, menghapus kerugian yang timbul menyusul keputusan Brexit setelah Abe menjanjikan paket stimulus fiskal. Spekulasi Jepang sedang mempertimbangkan pembiayaan langsung dari pengeluaran pemerintah oleh bank sentral, kebijakan yang dikenal sebagai helikopter money, telah dibantah oleh Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga.

Dalam pemilihan majelis tinggi pada hari Minggu, koalisi Perdana Menteri Shinzo Abe menang telak, dalam perkembangan analis mengatakan kemungkinan untuk membuatnya jauh lebih mudah untuk mendorong melalui agenda ekonominya, yang dijuluki abenomics.

Lihat : Setelah Menang Pemilu, Abe Rencanakan Paket Stimulus Fiskal Selasa

Equityworld Futures – Pada awal perdagangan pagi ini saham-saham eksportir tertekan penguatan Yen. Saham Toyota turun -0,48 persen, saham Honda turun -1,66 persen, saham Sony turun -0,06 persen.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau naik 30,00 poin atau 0,18% pada 16,260, naik dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 16,230.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Nikkei berpotensi menguat terbatas dengan rencana stimulus pemerintah Jepang. Namun perlu dicermati pergerakan Yen yang jika terus menguat dapat menekan bursa. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 15,734-15,200, dan kisaran Resistance 16,725-17,297. Equityworld Futures