Equityworld Futures – Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (14/07), Indeks Shanghai bergerak flat, saat ini terpantau turun tipis -0,27 poin atau -0,01 persen pada 3060.42. Pergerakan Indeks Shanghai tertekan data perdagangan yang buruk namun harapan optimis pemerintah Beijing menahan kerugian lebih jauh.

Lihat : Bursa Shanghai 12 Juli Berakhir Naik Hampir 2 Persen

Equityworld Futures – Ekspor dan impor Tiongkok dalam dollar AS tergelincir pada bulan Juni karena pelemahan permintaan di dalam dan di luar negeri terus membebani negara dengan perdagangan terbesar di dunia tersebut.

Ekspor ke luar negeri turun 4,8 persen dari tahun sebelumnya dan impor turun 8,4 persen untuk meninggalkan surplus perdagangan sebesar $ 48.11 miliar. Perdagangan dalam hal yuan tampak lebih baik, dengan ekspor meraih keuntungan kecil, yang mencerminkan pengaruh dari melemahnya mata uang. Demikian rilis dari administrasi kepabeanan Tiongkok, Rabu (13/07).

Lihat : Ekspor Tiongkok Juni Tergelincir, Surplus Perdagangan Menyempit

Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan ekonomi Tiongkok “pada dasarnya stabil” dan di jalur untuk memenuhi target utama tahun ini, dengan tingkat pertumbuhan kuartal kedua mungkin dekat dengan tingkat kuartal pertama 6,7% ketika hasil diumumkan Jumat mendatang.

Lihat : Li Keqiang : Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Kuartal Kedua Berkisar 6,7 Persen

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak sideways terdukung harapan stimulus moneter Tiongkok dan kekuatiran ekonomi. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2962-2849 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3164-3283. Equityworld Futures