Equityworld Futures | Ini Alasan Mengapa Cukup Tidur adalah Kunci Hidup Bahagia

PT Equityworld Futures 1017488

Equityworld Futures | Banyak dari kaum Millenial dengan segala kesibukan dan aktivitasnya membuat rata-rata punya masalah dengan jam tidur dimalam hari. Entah itu mengharuskan kita untuk begadang karena sibuk mengerjakan tugas sekolah / kuliah, atau juga harus tetap menjaga tanggung jawab pekerjaan kita dikantor untuk lembur, bahkan hanya sekedar iseng nongkrong bersama teman-teman.

Bersyukurlah jika kalian masih bisa tertidur pulas di atas jam 12 malam walaupun sebenarnya terlambat. Karena jam tidur yang baik bagi tubuh adalah dimulai dari jam 10 malam hingga jam 5 pagi. Selama 8 jam tersebut, tubuh bermetabolisme dengan baik dan otomatis membuat tubuhmu menjadi lebih bugar. Tapi ketahuilah, setiap orang punya problema hidup sehari-sehari yang bahkan dapat memicu terjadinya stress ringan hingga berat. Hal ini dapat memperparah keadaan seseorang hingga dimana mencapai titik “susah tidur” atau yang sering disebut Insomnia.

Nah, maka dari itu, simak beberapa alasan ini yang buat kamu sadar bahwa tubuhmu menginginkan untuk segera istirahat dan tidak lagi memaksakan untuk begadang. Bersiaplah menyambut cita-cita dan mimpimu diesok hari.

Kalau tidak punya kesibukan dimalam hari, segeralah tidur mulai jam 10 malam.

Yup, kalau kamu sudah dirumah dan tidak punya kesibukan apa-apa dimalam hari. Segeralah tidur mulai jam 10 malam, karena ini adalah langkah awal tubuhmu untuk bermetabolisme dengan baik. Ketauilah bahwa tidur dimalam hari tubuh kamu berproses untuk meregenerasi sel-sel yang telah rusak dan banyak sekali manfaatnya seperti menjadikan kamu lebih terlihat awet muda, imunitas meningkat, mengoptimalkan kemampuan otak, terhindar dari penyakit jantung, dan pastinya itu semua membuat kamu lebih bugar dan bersemangat dipagi hari.

Perawatan kulit dan perawatan tubuh yang sedang kamu lakukan, seperti mengkonsumsi suplemen kesehatan juga akan dua kali lebih efektif khasiatnya ketika kamu aplikasikan sebelum tidur malam lho. Yuk, segera ubah kebiasaan begadangmu.

Kamu sudah berusaha untuk tidur tetapi tetap tidak bisa? Segera lakukan hal ini!

Kalau kamu sudah masuk dalam tahap “susah tidur” atauInsomnia ini memang sangat melelahkan, bahkan kamu sudah berusaha untuk memejamkan mata tapi masih saja tidak bisa tertidur. Mungkin penyebabnya, ada masalah dengan perasaan dan pikiranmu yang membuatmu tidak tenang. Bisa jadi, kamu terlalu khawatir dengan hari esok, ada masalah-masalah dikeseharian yang membuatmu terganggu, atau bahkan kamu terlalu berambisi dengan sesuatu hal. Kondisi kamarmu yang jorok atau kamu memang sedang “lapar” bisa jadi juga berpengaruh akan hal ini.

Perasaan gelisah tersebut adalah salah satu penyebab jam tidurmu berantakan dan membuat tubuhmu semakin lelah. Oke, tetaplah tenang dan coba lakukan hal ini…

1. Sebelum tidur malam, biasakan untuk bersihkan wajah, menyikat gigi, membasuh tangan dan kakimu. Hal ini tentu saja membuat tubuhmu merasa bersih dan membantu kamu untuk tidur dengan nyaman.

2. Cobalah untuk membuat minuman hangat seperti teh atau jahe, ini akan membantu menenangkan dan merilekskan organ-organ tubuhmu. Ingat! hindari atau jangan pernah meminum obat tidur dan sebagainya yang dapat menyebabkan kantuk, obat seperti itu akan hanya menimbulkan efek samping dan malah memperparah kesehatan fisikmu.

3. Lapar, bisa jadi penyebab kamu susah tidur. Eit…bukan berarti kamu harus makan berat dan banyak sebelum tidur, itu malah membuatmu kelebihan berat badan. Cobalah untuk memakan buah-buahan seperti pisang atau apel yang berserat tinggi dan membuatmu kenyang dimalam hari.

4. Selalu bersihkan dan rapikan kamarmu, suasana yang bersih dan nyaman membantu perasaanmu lebih tenang. Jangan lupa untuk meredupkan lampu kamarmu, cahaya terang akan sangat mengganggumu untuk berusaha tidur.

Curi waktu untuk olah raga ringan setiap hari.

Olah raga rutin juga akan membantumu mendapatkan kondisi tidur yang berkualitas. Jika kamu tipikal orang yang malas atau tidak ada waktu untuk berolahraga, segera ubah pola pikirmu itu.

Ketahuilah, bahwa dengan berolahraga sudah pasti akan membuat tubuhmu sehat dan terhindar dari segala penyakit. Kurangnya olah raga akan membuatmu tubuhmu kaku, apalagi buat kamu yang doyan sekali “ngemil” dan makan makanan cepat saji. Resiko penyakit darah tinggi, kolesterol, dan diabetes kini tidak hanya menyerang orang yang sudah tua lho!

Bahkan dengan gaya dan pola hidup yang tidak sehat kaum millenial, seperti sering mekonsumsi minuman bersoda, makanan berlemak, atau merokok juga dapat menimbulkan resiko penyakit-penyakit tersebut yang bahkan tidak disadari. Gejala-gejala penyakit tersebut akan membuatmu sering merasa sakit kepala, kram otot, atau jantung berdebar yang membuatmu susah tidur dimalam hari dan menghambat aktivitasmu sehari-hari.

Olah raga ringan yang menyenangkan seperti berlari santai keliling kompleks rumah, bersepeda, bulu tangkis, basket atau futsal dapat menjadi pilihan alternatif olah raga ringan yang dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Yuk, olah raga!

Setelah kamu sadari dan lakukan semua itu, rasakan hidupmu yang lebih enerjik dan produktif karena kamu punya waktu tidur yang berkualitas.

Percaya deh, setelah kamu mulai bisa tertidur nyenyak dan dapat bangun dipagi hari dengan segar dan ceria, efek yang akan kamu rasakan adalah lebih bersemangat menjalankan aktivitas sehari-hari. Kamu lebih bisa fokus dan berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas sekolah atau mengerjakan tugas kantormu. Pikiranmu yang lebih fokus akan menimbulkan semangat dan dapat mengeluarkan ide-ide cemerlang, sehingga kamu bisa lebih cepat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabmu sebagai pelajar atau pekerja. Jadi, nggak ada lagi tuh cerita tugas-tugas menumpuk yang harus membuatmu begadang hingga subuh.

Kamu juga akan terlihat bahagia, mudah tersenyum dan ceria. Aura positif yang kamu keluarkan juga akan mempengaruhi perasaan orang-orang disekitarmu ikut bahagia lho. Gimana menyenangkan bukan?

Nah, sebab dari itu, yuk mulai sekarang hindari begadang terlalu larut malam. Dengan begitu, kamu bisa jadi orang-orang yang lebih sehat secara rohani, jasmani, lebih produktif dan selalu semangat pastinya ketika bangun disetiap pagi harimu. (Equityworld Futures)

Sumber : idntimes.com