Equityworld Futures | Jangan Tidur Tengkurap, Berikut Bahaya Kesehatan yang Akan Mengintaimu

pt equityworld

Equityworld Futures | Tidur adalah kebutuhan penting untuk semua orang. Itu sebabnya, wajar saja kalau kamu memilih posisi tidur paling enak selama tidur, mulai dari terlentang, menyamping dan tengkurap. Buat kamu yang suka tidur tengkurap, hati-hati ya! Ternyata tidur tengkurap bahaya buat kesehatanmu. Berikut penjelasannya.

1. Tidur tengkurap menyebabkan nyeri tulang belakang

Dilansir dari Mayo Clinic, tidur tengkurap dapat mengubah kurva alami tulang belakang sehingga terasa tegang dan kaku. Selain itu, berat badanmu akan terpusat pada tulang belakang. Tekanan yang gak seimbang itulah yang menyebabkan nyeri tulang belakang.

2. Saraf dalam tulang belakang pun akan merasa nyeri hingga mati rasa

Tulang belakang adalah saluran utama yang berisi banyak syaraf tubuh. Jika tulang belakang ini mengalami nyeri, saraf-saraf tubuh di dalam tulang belakang tersebut akan turut terganggu. Itu alasan mengapa setelah tidur tengkurap kamu akan mengalami kesemutan, bahkan mati rasa pada bagian tubuh setelah bangun tidur.

3. Kebiasaan tidur tengkurap akan membuat tubuhmu terasa sakit pada bagian-bagian tertentu

Jika dibiasakan, kamu akan merasakan letak sakit yang berbeda-beda, seperti leher, punggung dan sekitar persendian.

4. Tidur tengkurap juga berbahaya pada ibu hamil

Terlepas dari usia kandungan, tidur tengkurap berbahaya bagi ibu hamil. Itu karena berat badan ekstra yang ada di perut akan semakin menekan tulang belakang hingga menyebabkan nyeri.

Perkembangan janin pun akan terganggu karena posisi tengkurap membuatnya tergencet. Meski ibu hamil sering kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang pas, hindari posisi yang satu ini ya.

5. Tidur tengkurap pun berbahaya untuk pengidap penyakit jantung dan sesak napas

Untukmu yang punya riwayat sakit jantung dan sesak napas, sebisa mungkin hindari posisi ini ya. Mungkin susah mengendalikan posisi tidurmu yang mungkin berubah saat tidur, namun bisa dibiasakan kok. Sebisa mungkin kamu bisa tiduran dengan posisi menyamping.

6. Jika kamu sulit tidur pulas tanpa tengkurap, kamu perlu tidur tanpa bantal

Sebisa mungkin tidurlah tanpa bantal. Kalau pun masih perlu bantal, usahakan pakai yang tipis ya. Itu akan menjaga kurva alami tulang belakangmu gak kaku dan tegang. Tambahkan pula bantal tambahan di bawah panggul. Itu berfungsi agar tulang belakangmu tetap lurus dan mengurangi tekanan berlebih pada panggul.

7. Untuk mengembalikan otot-otot tubuh yang menegang, kamu bisa lakukan peregangan

Jika kamu terbangun dan mendapati tidur dengan posisi tengkurap, pastikan kamu melakukan peregangan selama lima menit. Hal itu berguna untuk mengembalikan otot-ototmu yang menegang dan bikin kamu segar kembali.

Kebiasaan tidur tengkurap bisa dihindari asal kamu berusaha untuk membiasakan tidur dengan posisi lain. Kalau kamu mengalami masalah serius, seperti nyeri yang berkelanjutan dan gak hilang-hilang, segera hubungi dokter ya. (Equityworld Futures)