Equityworld Futures | Jangan Pelit Membahagiakan Diri Sendiri, Sesederhana Dengan 9 Cara Ini


Equityworld Futures | Dari kita mungkin menganggap kalau apresiasi itu datangnya dari orang lain. Entah apapun bentuknya, mulai dari pujian atau saran. Padahal, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk diri sendiri agar kita selalu merasa bisa menghargai diri sendiri.

Dan mengapresiasi diri sendiri itu nggak selalu dengan segala kemewahan, karena kadang yang mewah saja tidak bisa memberikan kebahagiaan. Justru hal-hal sederhana ini bisa mengajak kita untuk lebih menyayangi diri sendiri dan mendorong untuk lebih bisa bersemangat dalam menghadapi tuntutan kerja yang nggak ada habisnya. Dikutip dari Hipwee.com

1. Memuji diri sendiri setiap pagi sebelum berangkat kerja adalah hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk diri sendiri
Jangan malu terlihat narsis dan terlalu memuji diri sendiri. Sebenarnya, dengan kita biasa memuji serta menyanjung diri sendiri bisa membuat kita semakin percaya diri dalam melakukan hal apapun.

Dengan memuji diri sendiri adalah hal paling sederhana menghargai hasil kerja keras kita selama ini. Nggak perlu muluk-muluk, ucapkan saja pada diri sendiri bahwa, “Wah aku sekarang gemukan, nih. Berarti hasil kerja keras selama ini bisa bikin bahagia,” atau “Tenang aja, Aku. Hari ini kamu pasti bisa,”.

2. Setelah sibuk dengan segala rutinitas, memanjakan serta merawat diri layak untuk dilakukan
Kalau capek kerja, yang kamu butuhkan sebenarnya adalah memanjakan diri, bukan surat pengunduran diri. Karena dengan memanjakan diri, merawat diri, sekaligus mempercantik diri, segala beban di pundak bisa berkurang. Cara ini akan membuatmu lebih rileks lagi.

Beri penghargaan atas segala kerja kerasmu dengan merawat tubuh dengan baik. Selama hari kerja, tubuh dan otakmu dipaksa untuk kerja keras. Maka, hadiah terbaik yang bisa kamu berikan untuk diri sendiri adalah dengan merawat tubuhmu sendiri.

3. Supaya hasil keringatmu tak hilang tanpa faedah. Menyisihkan sebagian bisa menolongmu suatu hari nanti
Nggak ada hal yang lebih membanggakan untuk diri sendiri selain bisa menggunakan hasil jerih payah dengan baik sekaligus maksimal. Dengan bisa menyisihkan beberapa penghasilan yang kita punya untuk ditabung sama dengan kita menghadiahkan keberuntungan di masa depan.

4. Asal tak terlalu sering dilakukan, cuci mata dan belanja keperluan pribadi juga bisa jadi cara mengapresiasi diri
Sesekali, bolehlah belanja keperluan pribadi. Karena hasil kerja kita selama ini juga memang baiknya digunakan untuk belanja keperluan pribadi yang juga sekaligus bisa menunjang penampilan dalam sehari-hari.

Dan tiap kita memandangi barang yang bisa kita beli dengan uang sendiri akan selalu memiliki kesan yang mendalam. Rasanya pikiran dan tenagamu tidak terbuang percuma karena kita bisa membeli apa yang selama ini kita butuhkan.

5. Penat dengan urusan pekerjaan bisa seketika sirna jika kamu bersedia meluangkan waktu untuk sekadar liburan jarak dekat
Beberapa dari kita mungkin enggan liburan karena nggak ada waktu serta budget berlebih. Padahal, dengan liburan kita sedang diajarkan untuk menghargai diri sendiri. Jangan kerja terus, badan dan otakmu perlu diajak bersantai dan diberikan kesempatan untuk membuang hal-hal yang memberatkan.

Nggak perlu mendatangi tempat yang jauh atau mall yang kemudian malah mengakibatkan kantong makin jebol. Kunjungi saja taman dekat rumah, mengunjungi pasar tradisional untuk sekadar beli buah-buahan atau menikmati udara pagi di teras rumah beserta secangkir kopi. Nggak buang waktu dan uang, tapi tetap bisa memanjakan diri dengan maksimal.

6. Bertemu dan berbagi cerita dengan teman-teman, tidak pernah gagal untuk mengisi ulang mood-mu yang hilang
Kalau udah ketemu teman, bawaannya waktu nggak ingin cepat berlalu. Walau sekadar ngobrol, nonton film di bioskop, sampai pajamas party. Asal ada teman, beban rasanya nggak lagi terasa. Kamu juga butuh bersosialisasi dengan orang di luar tempat kerjamu, karena dengan begitu pengalaman serta wawasan bisa bertambah.

7. Mood booster juga bisa datang dari makanan kesukaan. Apalagi dinikmati setelah kita lelah mencari nafkah
Terkadang, membahagiakan diri sendiri adalah dengan menyantap makanan favorit. Tanpa pernah takut gendut sama sekali.

8. Ketemu pacar adalah hadiah paling tepat untuk diri sendiri ketika rasa lelah mendera karena tubuh diajak bekerja keras seharian
Punya pacar pun bisa menjadi pengisi semangat agar terisi penuh lagi. Quality time dengan dia, jadi cara ampuh agar harimu tak terasa kelam lagi. Kalau yang jomblo, sabar aja ya!

9. Mengapresiasi diri sendiri itu sederhana. Sesederhana bisa melihat wajah kedua orangtua menyambutmu tiap pulang ke rumah
Dan, membahagiakan diri itu begitu sederhana. Sesederhana senyuman Ibu dan Ayah yang selalu ada begitu kita menginjakkan kaki di rumah.

Menghadiahi diri sendiri setelah lelah bekerja itu nggak perlu selalu ribet dan mahal. Karena hal sesederhana apapun yang dilakukan setelah bekerja keras, akan memiliki kesan tersendiri buat kita. (JK- Equityworld Futures)

Save