Equityworld Futures | Jangan Malas! 7 Hal Sepele Ini Bisa Merugikan Keuanganmu

PT Equityworld Futures 1017352

Equityworld Futures | Sesekali hanya ingin malas-malasan gak ada salahnya kok! Kamu harus mengistirahatkan badan dan pikiran setelah bekerja keras. Hal yang harus kamu perhatikan adalah di saat malasmu mulai berdampak buruk, terutama bisa membuatmu merugi. Saat itu mulai terjadi, sudah saatnya kamu harus mengubah kebiasaanmu.

Berikut ini adalah tujuh kebiasaan malas yang akan membuatmu rugi masalah keuangan.

1. Jarang masak dan hanya beli makanan di luar.

Seringkali kira malas masak sendiri di rumah, karena harus menyiapkan sendiri dari awal. Harus repot belanja dan bersih-bersih setelahnya.

Di balik itu semua, masak di rumah mempunyai manfaat besar. Terutama untuk masalah penghematan. Kalau masak di rumah, belanja sekali bisa buat makan sehari sampai dua hari.

Walaupun bisa lebih hemat, kamu harus membatasi budget untuk belanja sehari-hari. Jangan teralu berlebihan yang mengakibatkan banyak bahan makanan yang akhirnya terbuang sia-sia. Bahan yang kamu masak pun bisa kamu atur, perlu masak untuk berapa orang, sehingga bisa lebih irit.

2. Malas cek harga sebelum berbelanja.

Belajarlah dari teman atau keluarga yang mempunyai gaya belanja hemat. Sebelum kamu membeli kebutuhan, kamu bisa mengecek harganya dengan toko sebelah terlebih dahulu.

Tidak ada salahnya kamu melihat-lihat terlebih dahulu sambil memastikan harga yang paling murah. Apalagi kalau kamu sedang di pasar, penting bagimu untuk melihat harga dan belajar tawar menawar. Walaupun hanya beda sedikit, tapi jika ditotal secara keseluruhan kamu bisa cukup menghemat.

Jangan gelap mata hanya karena diskonan. Kamu harus memperhatikan antara kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Janga asal berbelanja dan menyesal setelah tahu ada harga yang lebih murah di toko sebelah.

3. Sakit tapi malas periksa ke dokter.

Banyak orang yang terlalu yakin bahwa sakitnya hanyalah penyakit biasa yang cepat sembuh. Beberapa orang malah tak jarang membiarkan sakit tersebut tanpa ada tindakan yang baik.

Malas berobat ke dokter dan antrian pasien memang salah satu penyebab kemalasan. Terlebih lagi kalau resep dokternya bermacam-macam dan harus mengikuti aturan dari dokter.

Kemungkinannya mungkin kecil, tapi kamu tidak bisa meremehkan penyakitmu begitu saja. Membeli obat tanpa resep secara terus menerus dan tak kunjung sembuh hanya akan membuatmu semakin boros.

Siapa yang bisa menyangka, penyakit yang kamu diamkan akan menyebabkan penyakitmu makin parah. Akhirnya biaya pengobatan yang mestinya bisa ditekan malah menjadi membengkak.

4. Malas menabung.

Hemat pangkal kaya, pepatah itu pasti sudah sering kamu dengar sejak kecil. Banyak orang yang suka lupa diri di awal mendapatkan uang saku atau gaji. Uang yang semestinya cukup, bahkan lebih untuk satu bulan, ternyata harus habis di awal minggu. Apakah kamu termasuk orang yang seperti itu?

Menabung memang sebuah kebiasaan yang harus dibiasakan. Kamu bisa menyisihkan uang untuk menabung atau investasi di pertengahan bulan atau di akhir bulan dari sisa belanja kebutuhanmu.

Dengan memulai kebiasaan itu, kamu bisa mempunyai uang “aman” jika sewaktu-waktu ada hal mendesak atau untuk tabungan masa depanmu.

5. Malas menggunakan kendaraan umum saat pergi belanja.

Bukan hal yang salah menggunakan kendaraan pribadi, apalagi jika belum ada transportasi umum yang mendukung. Kamu pasti akan menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi belanja atau sekedar “window shopping”.

Kamu pasti merasakan beberapa tempat belanja besar di Indonesia mempunyai sistem tiket parkir per jam. Berapa besar biaya parkir yang harus kamu bayarkan setelah asyik belanja?

Jika kamu memang berniat menikmati acara belanjamu di suatu tempat, kamu bisa menggunakan layanan ojek online atau kendaraan umum. Selain menghemat waktu dan biaya, kamu juga gak capek karena macet.

6. Membayar tagihan rumah di akhir waktu.

Saking lamanya jeda waktu pembayaran listrik, air, internet, dan telepon antar bulannya, seringkali kita menunda-nunda pembayarannya. Selain berbahaya bisa mengakibatkan kamu lupa membayar, kamu pun bisa denda karena jatuh tempo.

Banyaknya loket pembayaran tagihan tersebut, memudahkan kita untuk membayar tagihan. Kalau kebiasaan malas tersebut kamu pertahankan, apakah kamu bisa menghitung berapa biaya kerugianmu selama satu tahun?

7. Berburu diskonan atau kupon untuk penghematan.

Sudah sempat disinggung di poin sebelumnya bahwa mengejar diskon bukanlah hal yang salah. Banyak orang yang pasti membutuhkan sebuah diskon atau kupon yang bisa membuatmu lebih berhemat. Seperti halnya pada tanggal 17 Agustus, banyak promo menarik yang membuatmu makan, minum, liburan dan belanja dengan harga murah banget.

Kamu bisa merencanakan liburan dengan harga miring yang membuat kantongmu kering. Banyak situs atau promo katalog yang bisa memberikanmu info menarik seputar diskonan. Jangan malas-malas untuk memantaunya, karena bisa membuatmu lebih hemat. (Equityworld Futures)

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, PT Equity World , Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC, EWF, PT EWF

Save