Equityworld Futures | Jarang diketahui, 10 aktivitas sebelum tidur ini berdampak baik

pt equityworld

Equityworld Futures | Menjelang tidur, apa yang biasa kamu lakukan? Tak sedikit dari kamu pasti memegang smartphone sembari berselancar di jagat maya. Banyak orang telah mengetahui bahwa kebiasaan tersebut tak berdampak baik bagi kesehatan namun tetap saja melakukannya.

Lupakan smartphone, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan sebelum tidur. Tak sembarangan, aktivitas ini memberikan pengaruh besar bagi tubuh. Selain itu, kegiatan yang dilakukan menjelang tidur ini bisa berdampak pada aktivitasmu di keesokan harinya. Dengan demikian, kegiatan di esok hari akan lebih tertata dari hari sebelumnya.

Berikut 10 aktivitas yang baik dilakukan sebelum tidur.

1. Tak ada yang melarang makan sebelum tidur namun perhatikan menu makanannya.

Jika biasanya orang akan menghindari makan sebelum tidur. Sekarang tak perlu takut lagi, pasalnya dikutip dari laman Brightside disebutkan kelaparan justru menyebabkan seseorang mudah insomnia. Jika kamu melewatkan makan malam, dampaknya porsi sarapanmu akan semakin besar. Di samping itu, sakit perut yang disebabkan karena lapar justru membuatmu susah tidur.

Rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur adalah daging dan keju lembut (cottage cheese). Kedua makanan tersebut memiliki kandungan protein tinggi dan tryptophan yang bisa membantu tidur nyenyak. Tak lupa tambahkan sayuran untuk menambah kandungan gizi.

2. Jalan-jalan sore sebelum tidur.

Sebelum tidur sebaiknya kurangi intensitas menggunakan smartphone. Salah satu aktivitas yang baik bagi tubuh adalah jalan-jalan. Jalan-jalan mampu meringankan beban pikiran sekaligus menjernihkan perasaan. Jalan-jalan sore ternyata mampu mengurangi intensitas insomnia, lho. Nggak heran apabila sederet tokoh ternama mulai dari Mark Zuckerberg (Penemu Facebook) dan Jack Dorsey (CEO Twitter) kerap melakukan jalan-jalan sore.

3. Menuliskan rencana atau agenda untuk hari esok.

Penulis buku The Compound Effect, Darren Hardy mengungkapkan manfaat menuliskan agenda untuk esok hari di malam hari dapat menjaga kualitas hidup. Namun demikian banyak di antara kita justru menuliskan rencana pada pagi harinya. Hal tersebut justru membuat orang akan tergesa-gesa dan hidup menjadi lebih membuang-buang waktu.

4. Buka jendela di malam hari mampu memengaruhi metabolisme tubuh lebih baik.

Manusia memiliki beberapa jenis lemak di antaranya lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih sendiri merupakan lemak yang kerap menumpuk di beberapa bagian tubuh. Sementara lemak coklat sendiri memiliki kemampuan untuk membakar kalori dari lemak putih. Beberapa riset menyebutkan lemak putih bisa berubah menjadi lemak coklat karena perubahan suhu.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah sebelum tidur, kita bisa membuka jendela kamar untuk mendinginkan ruangan sekaligus tubuh. Udara dingin bisa membantu lemak coklat bekerja lebih besar untuk membakar kalori selama tidur.

5. Menyiapkan segala keperluan hari esok di sore atau malam hari.

Sama halnya dengan menuliskan rencana untuk keesokan harinya, menyiapkan segala keperluan di sore atau malam hari bisa mengurangi waktu terburu-buru di pagi hari. Setelah menyiapkan segala hal di malam hari, kamu bisa memiliki banyak waktu untuk menyantap sarapan hingga menyiapkan bekal.

6. Yoga dan meditasi dilakukan sebelum tidur.

Pada umumnya, kebanyakan orang akan melakukan yoga di pagi hari. Namun demikian, yoga di sore atau menjelang tidur tak kalah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat melakukan yoga di sore antara lain menurunkan tekanan dan menenangkan pikiran. Cukup dengan 10 menit untuk yoga bisa berdampak lebih baik untuk keesokkan harinya.

Kendati demikian, banyak yang menganggap lingkungan dan suasana yoga di sore hari cukup terganggu karena suara bising. Ketenangan dimulai bukan dari lingkungan melainkan dari dalam tubuh. Tutup mata perlahan dan konsentrasi serta satukan seluruh raga agar lebih rileks.

7. Mandi dengan air hangat lebih baik dilakukan setelah beraktivitas.

Kecenderungan orang akan mandi dengan air hangat di pagi hari. Akan tetapi manfaat dari mandi air hangat ini akan terasa saat dilakukan usai beraktivitas. Mandi air hangat di sore hari dapat membantu tubuhmu menjadi lebih rileks, menstabilkan kadar glukosa dalam tubuh, membersihkan pori-pori tersumbat.

8. Membaca buku mampu menenangkan pikiran dan tubuh.

Penelitian dari University of Sussex menyebutkan membaca adakah salah satu cara untuk merilekskan pikiran. Kata-kata yang dibaca dirasa lebih ampuh menenangkan dibanding minum teh ataupun mendengarkan musik. Cukup dengan waktu sekitar 6 menit membaca buku, otot dalam tubuhmu bisa menjadi lebih tenang.

9. Minum air jus sebelum tidur.

Penelitian terbaru dari Louisiana State University menyebutkan mengonsumsi dua gelas jus ceri bisa membantu tubuhmu lebih mudah tidur. Sementara itu, penelitian dari Oxford menyebutkan mengonsumsi rumput laut yang kaya akan omega-3 bisa membantu tidurmu lebih baik dengan durasi lebih lama.

10. Menyisir rambut sebelum terlelap.

Aktivitas menyisir sebelum tidur ternyata bisa memberikan pengaruh baik bagi kualitas rambut. Menyisir rambut dapat membersihkan sel-sel mati, debu, hingga lemak kulit. Nggak cuma itu, pijatan ringan saat menyisir rambut bisa membantu melancarkan oksigen dan nutrisi ke akar. Sam Burnett stylist asal Inggris ini mengklaim orang yang sering menyisir rambut sebanyak 2-3 kali sehari akan memiliki rambut yang kuat dan tidak berminyak. (Equityworld Futures)