Equityworld Futures | Masih Muda dan Ingin Sukses Berwirausaha? Hindari 6 Alasan Ini!

pt equityworld

Equityworld Futures | Bukan hanya soal modal yang sedikit, ada banyak sekali alasan kenapa orang tidak mau berbisnis, meski hanya berbisnis kecil kecilan saja. Padahal, semua orang paham betul bahwa bisnis merupakan pekerjaan yang paling menguntungkan dibanding menjadi karyawan atau pegawai suatu perusahaan. Dengan berbisnis, kita bisa mengatur segala sesuatunya dari kita sendiri dan hal lain sebagainya. Namun, semua itu tentu tidak semudah membalikan telapak tangan, karena dibalik mereka yang sukses dengan bisnis bisnisnya, bisa dipastikan awalnya mereka pasti sudah jatuh terlebih dahulu, bangkrut dan lain sebagainya. Seperti pepatah, tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan, tidak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Hanya orang dengan mental baja lah, yang bisa sukses dalam berbisnis, karena sudah pasti saat menjalankan sebuah bisnis apapun itu, tentu ada pasang surutnya.

Dari kenyataan tersebut, sebenarnya apa sih, alasan mereka atau orang orang tidak mau berbisnis sendiri? Apa hanya karena keterbatasan modal? Tidak, masih banyak lagi alasan yang lain, mulai dari malas, takut akan tantangan dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa ulasannya dan saya harap anda tidak berpikir untuk takut berbisnis karena alasan seperti kebanyakan orang.

1. Tidak Punya Modal, Padahal Sekarang Bisnis Online Lewat Website dan Sosial Media Sangat Potensial

Setiap membahas seputar bisnis atau usaha, modal merupakan suatu pembahasan pokok dari kebanyakan orang. Inilah alasan utama dan terbesar banyak orang yang tidak mau bisnis sendiri, karena tidak punya modal untuk membangun toko, gedung dan lain-lain. Padahal jika mau kreatif, sekarang bisnis online baik itu dari website maupun media sosial sudah sangat populer dan lebih banyak diminati. So, tidak ada lagi alasan anda tidak berbisnis karena tidak punya model, ya.

2. Tidak Mau Bisnis Karena Takut dan Hanya Ingin Berada di Zona Nyaman

Saya sengaja menaruh poin ini di paling pertama, karena kebanyakan orang kalau sudah nyaman, pasti tidak mau melakukan hal hal lain yang lebih besar dan ini merupakan alasan terbesar kebanyakan orang tidak mau berbisnis menurut saya. Mendengar kata kerja keras, jatuh bangun, rugi, bangkrut dan lain sebagainya, menjadi merasa takut untuk bisnis sendiri, sehingga kebanyakan dari mereka hanya ingin berada di zona nyaman. Untuk itu, bagi anda yang masih muda, biasakanlah untuk selalu suka akan tantangan, cobalah banyak hal hal baru untuk menambah pengalaman dan lain sebagainya.

3. Tidak Punya Relasi, Sehingga Bingung Bisnisnya Mau Seperti Apa

Dalam berbisnis, tentu kita diharuskan berelasi dengan banyak orang, bukan hanya customer saja, tetapi ada banyak sekali orang orang yang akan bercampur aduk dalam bisnis yang akan dijalani nantinya. Alasan kenapa orang tidak mau bisnis atau usaha sendiri, biasanya karena relasinya atau teman karibnya sedikit, sehingga bingung bisnisnya mau seperti apa, bagaimana sistemnya, mau bekerja dan dijalankan dengan siapa dan alhasil anda tidak memulai untuk bisnis sendiri. Maka dari itu, perbanyaklah teman dan relasi dari mulai sekarang. Hal ini penting sekali untuk mendapatkan ide inspirasi usaha dan bisnis maupun hal-hal lain yang tentu akan sangat berguna untuk karir anda seterusnya.

4. Tidak Ada Dukungan Dari Orang Terdekat Seperti Orang Tua dan Keluarga

Poin ketiga ini sekilas berkaitan dengan yang sebelumnya, yakni tidak punya relasi. Hanya saja poin yang satu ini lebih pada psikologi seseorang. Percaya deh, orang yang tidak punya dukungan tidak akan bersemangat untuk melakukan sesuatu, contohnya saja berbisnis. Jika anda tidak mendapat dukungan dari orang terdekat seperti orang tua, keluarga dan orang terdekat anda lain, pasti anda akan kurang semangat untuk menjalani bisnis, apalagi membangunnya dari nol.

5. Ragu Akan Kemampuan Sendiri

Yakinlah pada kemampuan diri anda sendiri, karena ragu dengan kemampuan sendiri merupakan salah satu alasan terbesar kenapa banyak orang yang tidak mau berbisnis. Mereka ragu jika bisnisnya gagal karena kemampuannya kurang maksimal. Misalnya, anda membangun bisnis restoran, keahlian anda adalah memasak, anda merasa takut masakan anda tidak enak, kurang enak dan masih banyak lagi. Ini yang membuat banyak orang akhirnya memilih untuk tidak berbisnis, karena ragu dengan kemampuan sendiri, padahal yang namanya skill, itu bisa selau dilatih kapan pun.

6. Pernah Mendengar Cerita Orang Gagal Bisnis

Sama seperti poin ketiga, penyebab alasan orang tidak mau membuka usaha sendiri biasanya karena pernah atau bahkan seringkali mendengar cerita orang lain yang bisnisnya gagal, sehingga secara tidak langsung keinginan untuk berbinisnya hilang. Biasanya, orang yang sudah merasa seperti ini psikologisnya, akan sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu, kembali lagi ke perkataan saya di awal, sukailah tantangan, sehingga anda tidak akan merasa takut jika mendengar cerita orang lain gagal dalam suatu hal termasuk berbisnis. (Equityworld Futures)

Save