Equityworld Futures | Musim Hujan Tiba, Ini 6 Fakta Tenitang Flu yang Banyak Orang Belum Tahu

pt equityworld

Equityworld Futures | Sebentar lagi, musim kemarau bakal berganti ke musim hujan. Dan, salah satu penyakit yang sering mengintai di musim ini adalah flu. Meski bisa dibilang penyakit ringan, namun flu bisa sangat menjengkelkan. Nah, kamu perlu mengetahui beberapa fakta tentang flu berikut.

1. Menyebar di musim yang dingin

Dilansir Harvard Health Publishing, virus influenza ternyata memang menyebar paling efisien ketika suhu dan kelembapan udara sedang rendah. Hal ini tentunya dapat menjelaskan mengapa penyakit flu sering menyerang di musim hujan dan dingin.

2. Vaksin flu, perlukah?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan flu adalah melakukan vaksinasi. Meski demikian, menurut data yang dikumpulkan US Influenza Vaccine Effectiveness Network, vaksin flu mungkin tidak efektif bila diberikan terlalu mepet. Vaksin itu bekerja paling efektif sekitar dua minggu setelah diberikan.

3. Vaksin flu untuk ibu hamil, apakah berbahaya?

Dalam beberapa minggu pertama kehamilan, flu mungkin terkait dengan peningkatan risiko bayi lahir dengan cacat tertentu, dilansir Harvard Health Publishing. Risiko itu yang akhirnya membuat para ahli merekomendasikan vaksin flu untuk ibu hamil.

Meski ada studi kecil yang mengaitkan vaksin dengan keguguran, namun kemungkinannya sangat tipis. American Congress of Obstetricians and Gynecologists hingga saat ini masih menganjurkan vaksin flu selama kehamilan.

4. Waspada, ada penyakit mirip flu

Hati-hati dengan penyakit mirip flu. Dikutip WebMD, flu biasanya didiagnosis dari tes usapan hidung atau tenggorokan. Sementara, penyakit mirip flu adalah diagnosis klinis, yang mungkin tidak melibatkan tes resmi.

Menurut Angela Campbell, MD, seorang petugas medis di Divisi Flu CDC di Atlanta, penyakit mirip flu mencakup virus pernapasan lain yang dapat membuat orang merasa seperti flu. Sementara, Michael Ison, MD, seorang profesor penyakit menular dan transplantasi organ di Universitas Northwestern di Evanston, mengatakan, terlepas dari penyebabnya, pengobatannya serupa.

5. Vitamin C tetap ampuh redam flu

Vitamin C tetap menjadi bahan yang efektif untuk menangkal flu. Namun, jika kamu ingin manfaat optimal, kamu harus mengonsumsinya setiap hari, tidak hanya pada awal gejala flu.

Dikatakan Kepala Gizi Klinis di Harvard, Dr. Bruce Bistrian, lebih baik memperoleh vitamin C dari makanan, karena kamu juga mendapatkan nutrisi penting lainnya. Makan lima porsi buah dan sayuran per hari, maka kamu akan mendapatkan vitamin C yang cukup.

6. Apa itu keto flu?

Keto flu, dilansir dari Harvard Health Publishing, adalah sekelompok gejala yang mungkin muncul 2 hingga 7 hari setelah memulai diet ketogenik. Pusing, lelah, mudah marah, mual, susah tidur, dan sembelit adalah beberapa gejalanya.

Keto flu tidak seperti flu, meski punya nama mirip. Namun, jika kamu merasa sangat sakit, kunjungan ke dokter adalah saran terbaik.

Itulah tadi enam fakta soal flu yang banyak orang belum tahu. (Equityworld Futures)