Equityworld Futures | Nggak Perlu Malu Dianggap Cengeng, Ternyata Menangis Punya Banyak Manfaat

PT Equityworld

Equityworld Futures | Menangis sering dikaitkan dengan perasaan sedih, marah, senang atau tertawa geli. Menangis ternyata baik untuk kesehatan, bukan hanya sekadar melepaskan emosi. Menurut laman Netdoctor, wanita lebih sering menitikkan air mata ketimbang pria. Wanita bisa menangis 47 kali dalam setahun, sementara laki-laki hanya 7 kali.

Air mata menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Nggak hanya untuk meluapkan emosi, menangis pun ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut alasan menangis baik untuk kesehatan:

1. Meredakan Stres
Kondisi stres bisa membuat seseorang menangis. Tapi, menurut sejumlah penelitian, menangis itulah yang pada akhirnya membantu meredakan stres hingga depresi. Menangis sekaligus melepaskan emosi negatif yang selama ini dirasakan atau hanya dipendam dalam hati. Setelah menangis, perasaan biasanya akan menjadi lebih lega.

Seperti yang sudah disinggung, menangis bisa membantu melepaskan emosi. Menangis juga berperan mengurangi kegalauan, stres, tekanan, serta meringankan beban pikiran. Semakin lama kamu menahan emosi, semakin besar kemungkinan untuk lepas kendali. Menurut Netdoctor sekitar 88,8 persen orang merasa lebih lega setelah menangis dan 8,4 persen lainnya justru merasa semakin terpuruk.

2. Membuang Racun Tubuh
Saat stres, muncul zat bersifat racun yang meningkatkan hormon kortisol. Dengan menangis, racun-racun dalam tubuh pun ikut dikeluarkan melalui tetesan air mata. Tubuh akan terasa menjadi lebih baik setelah menangis.

Seperti semua cairan lain yang keluar dari tubuh, air mata membantu tubuh mengeluarkan racun. Ketika menangis, air mata mengeluarkan kimia tubuh yang terbentuk karena stres. Biasanya setelah selesai menangis, ada reaksi kelegaan dalam tubuh kamu.

3. Membunuh Bakteri
Dalam penelitian yang pernah dilakukan, air mata mengandung enzim yang disebut lisozim. Lisozim diketahui memiliki sifat antibakteri sehingga memungkinkan untuk membunuh bakteri secara alami. Bakteri ini bisa keluar dari tubuh dibantu dengan kehadiran air mata.

Bakteri yang nggak baik ini akan keluar dan dibersihkan oleh air mata. Sisanya bila kamu cepat menghabiskan air mata, dia akan mengalir dan keluar bersama dengan zat lainnya. Namun dengan kehadiran air mata, kamu menjadi lebih sehat.

4. Mencegah Mata Kering
Keadaan mata setiap orang memang berbeda. Namun satu yang pasti dengan adanya air mata, indera penglihatanmu menjadi lebih jelas. Bola mata memerlukan pelumas yang terus-menerus untuk melindunginya dari debu dan bakteri. Bila mata bersentuhan dengan debu atau bakteri, mata akan mulai berair dan menciptakan air mata antibakteri untuk menyapunya. Begitu lah manfaat menangis.

Menangis justru dapat mencegah mata kemerahan hingga iritasi. Air mata akan melumasi bola mata sehingga tetap lembab. Namun, bukan berarti harus terus menangis.

5. Meningkatkan Suasana Hati
Seseorang yang mudah berubah mood biasanya susah untuk mengendalikan emosi. Orang dengan karakter seperti ini biasanya dihindari karena dirasa nggak bisa mengontrol emosi. Sedangkan kadang banyak hal apalagi untuk wanita nggak bisa mengelola emosi dalam dirinya. Tiba-tiba dia merasa marah dengan keadaan atau malah pada dirinya sendiri.

Orang dengan perubahan mood biasanya mudah menangis. Apalagi hanya karena perasaan terharu. Perasaan lega setelah menangis artinya telah membuang emosi negatif dan mendapatkan energi positif kembali. Setelah menangis, suasana hati pun menjadi lebih baik dan meningkatkan endorfin atau hormon bahagia di otak.

6. Menurunkan Tekanan Darah
Studi menemukan fakta bahwa menangis bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Dampak ini terlihat pada mereka yang telah melalui sesi terapi intens yang memungkinkan mereka banyak menangis. Orang yang sering berekspresi termasuk menangis memiliki detak jantung yang stabil.

Berbeda dengan orang yang mudah memendam perasaan dan merasa hidupnya baik-baik saja. Orang dengan emosi yang datar pun kadang bisa saja mudah terkena serangan jantung. Keadaan yang stabil adalah orang dengan emosi yang mudah diekspresikan tanpa dipendam.

7. Membersihkan Hidung
Mungkin kamu orang yang bersihan yang merasa telah membersihkan seluruh inchi tubuhmu. Namun bisa saja ada celah yang terlewat sehingga nggak semuanya kamu bersihkan. Misalnya hidungmu. Mungkin saja kamu orang yang nggak pernah absen membersihkan lubang hidungmu. Namun apakah benar kamu telah membersihkan secara menyeluruh?

Kamu membutuhkan cairan dari dalam yang keluar dan memenuhi rongga hidung sehingga dapat membersihkannya secara menyeluruh. Air mata mengalir melalui saluran air mata, melewati rongga hidung tempat mereka bersentuhan dengan mukus. Bila ada mukus yang menumpuk di sana, air mata bisa mendorongnya keluar dari hidung. Pernah mendapati kamu mengeluarkan ingus ketika menangis? Itulah proses pembersihan hidung yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

8. Membuat Lebih Bahagia
Menangis dan merasa sedih serta ketika ingin menangis sangat penting. Hal itu memungkinkan kamu merasakan setiap emosi dalam bentuk yang paling mendasar. Artinya kamu bisa benar-benar menghargai ketika tengah berbahagia dan menikmati momen menyenangkan.

Setiap kali terpuruk, menangis dan berusaha bangkit kembali, kamu meyakinkan diri sendiri bahwa cukup kuat untuk melakukan hal itu. Momen itu jangan kamu pendam. Seharusnya kamu pelampiaskan ke media yang sesuai. Misalnya curhat pada sahabat dan hindari pada media sosial.

Sedih ya menangis. Itu wajar dan janganlah dipendam layaknya orang yang kuat. Jangan percaya dengan kekuatan seseorang. Semakin kamu memendam emosi, ada sesuatu yang nggak beres dalam tubuh kamu. (Equityworld Futures)

Save