Equityworld Futures | Penelitian terbaru, ini 10 cara mudah agar kamu tak kena kanker

pt equityworld

Equityworld Futures | Pada tahun 2012, sekitar 8,2 juta kematian disebabkan oleh kanker.

Kanker terjadi karena pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Kanker bisa terjadi di beberapa bagian tubuh. Biasanya penyakit ini akan mematikan jika tidak segera diobati.

Penyebab kanker pun beragam. Kasus kanker 30% disebabkan oleh lima faktor risiko perilaku dan pola makan, yaitu indeks massa tubuh tinggi, kurang konsumsi buah dan sayur, kurang aktivitas fisik, penggunaan rokok, dan konsumsi alkohol berlebihan.

Dikutip dari brilio.net ada beberapa tanda-tanda kanker. Tanda-tanda tersebut antara lain waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan, alat pencernaan terganggu dan susah menelan, suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh, payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor), andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya menjadi semakin besar dan gatal, darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh, dan adanya koreng atau borok yang tak kunjung sembuh.

Nah, lalu bagaimana cara agar terhindar dari kanker? Yuk simak tipsnya berikut.

1. Kurangi konsumsi daging olahan.

Daging olahan memang lezat. Namun ternyata daging merah olahan mempertinggi risiko kanker lho. Jadi jangan berlebihan ya makannya.

2. Perbanyak makan sayur dan buah.

Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang memperkuat imun tubuh. Selain itu sayur dan buah mengandung nutrisi yang membuat sel kanker susah berkembang.

3. Diet mediterania.

Diet Mediterania ialah diet yang menggabungkan kebiasaan hidup sehat tradisional orang dari negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Mereka mengonsumi makanan sehat seperti sayur dan kacang-kacangan yang dapat mengurangi risiko kanker.

4. Kurangi kebiasaan makan manis di masa kecil.

Makanan manis memang lezat dan paling disukai di masa kanak-kanak. Namun seiring pertumbuhan menjadi dewasa, sangat penting mengurangi konsumsi gula. Tubuh orang dewasa tidak butuh terlalu banyak gula.

5. Berhenti makan ketika kenyang.

Salah satu penyebab kanker ialah obesitas. Untuk menghindari obesitas, maka harus membiasakan berhenti makan setelah kenyang.

6. Makan beragam makanan.

Jangan terlalu sering makan satu jenis makanan. Tubuh kita perlu berbagai nutrisi yang didapatkan dari beragam makanan.

7. Kurangi penggunaan suplemen.

Suplemen memang baik bagi tubuh. Namun jika terlalu banyak suplemen, dapat meningkatkan risiko kanker. Seperti contoh kanker paru-paru.

8. Kurangi konsumsi alkohol dan rokok.

Banyak penelitian yan mengungkapkan bahwa rokok dan alkohol merupakan penyebab utama kanker. Jadi kurangi, ya.

9. Cari sumber protein lain.

Sumber protein tidak hanya datang dari daging merah. Bisa saja mengganti sumber protein lain seperti kacang, biji-bijian, buncis dan seafood. Lebih sehat lho.

10. Masak makanan dengan benar.

Persiapkan makanan dengan benar dan masaklah sesuai batas yang dianjurkan dalam kesehatan. Jagan terlalu gosong dan lain sebagainya. (Equityworld Futures)