Equityworld Futures | Rekomendasi Emas 2 Juli 2021: Naik karena Short Covering & Perceived Value Buyi

PT Equityworld

Equityworld Futures | Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis, sebagain karena aksi “short covering” di pasar berjangka dan “perceived value buying” di pasar tunai.
Pergerakan naik harga emas masih dihambat oleh grafik tehnikal jangka pendek yang bearish dan sedikitnya keengganan terhadap resiko di pasar pada saat semester kedua dari tahun 2021 dimulai.
Emas berjangka kontrak bulan Agustus naik $3.00 ke $1,774.70 per troy ons. Sementara perak Comex bulan September naik $0.171 ke $26.37 per ons.

Emas tetap berada pada level ketinggian hariannya dengan indeks manufaktur umum dari ISM muncul di bawah dari yang diperkirakan di bulan Juni. ISM manufacturing index munul di 60% pada bulan lalu, mengecewakan pasar yang memperkirakan sebesar 61%. Sementara angka bulan lalu juga masih lebih tinggi di 61.2%.
Pasar saham global bervariasi menuju melemah dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah bervariasi dalam rentang yang sempit memulai kuartal ketiga ketika perdagangan sesi New York dimulai. Perdagangan musim panas yang malas-malasan terus berlangsung di pasar saham dunia. Para trader dan investor tidak memberikan banyak perhatian terhadap varian baru dari covid -19, delta yang semakin menjadi problem di negara-negara Asia dan region lainnya di dunia.

Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur zona euro untuk bulan Juni dilaporkan sebesar 63.4 dibandingkan dengan 63.1 di bulan Mei. Angka di atas 50.0 menunjukkan sedang terjadi pertumbuhan di sektor tersebut. Sementara itu, tingkat pengangguran zona Euro di bulan Mei adalah sebesar 7.9%, lebih rendah dibandingkan dengan di bulan April sebanyak 8.1%.
Para trader sedang menunggu laporan situasi employment AS bulan Juni dari Departemen Tenaga Kerja yang merupakan data ekonomi paling penting buat AS yang akan dipublikasikan pada hari Jumat pagi. Angka NFP diperkirakan akan naik ke 700.000 dibandingkan dengan kenaikan sebesar 559.000 pada bulan Mei. Sementara tingkat pengangguran diperkirakan akan turun ke 5.6% dibandingkan dengan 5.8% pada bulan Mei.
“Support” terdekat menunggu di $1,765 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750 dan kemudian $1,735. “Resistance” terdekat menunggu di $1,786 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,791 dan kemudian $1,800.