Equityworld Futures | Setelah Kehujanan, 8 Makanan dan Minuman Ini Bisa Kamu Andalkan untuk Menghangatkan Badan

PT Equityworld 58

Equityworld Futures | Ketika cuaca sedang dingin karena derasnya hujan di luar sana, kita mungkin akan sibuk menumpuk-numpuk baju tebal untuk menghalau angin dan menghangatkan badan. Nggak jarang cuaca yang dingin juga memicu keinginan kita untuk mendapatkan hidangan untuk menaikkan suhu tubuh.

Sebenarnya, cara terbaik untuk melawan cuaca dingin adalah menghangatkan tubuh dari dalam dengan makanan atau minuman. Tapi bukan sembarangan, makanan atau minuman tertentu dapat menaikkan suhu tubuh secara alami, yang sekaligus juga menyehatkan karena diperkaya oleh nutrisi dan antioksidan penguat kekebalan tubuh agar nggak gampang sakit.

1. Menyeduh segelas teh panas ampuh meningkatkan panas tubuh dan meredakan hidung mampet

Kandungan polifenol dalam teh berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang menjaga selaput lendir selalu lembap dan membantumu bernapas dengan baik. Sementara kafeinnya meningkatkan metabolisme dengan merangsang pelepasan asam lemak yang kemudian dapat meningkatkan suhu tubuh. Teh panas juga dapat menghambat penyebaran virus karena virus berkembang di bawah suhu tubuh yang normal. Saat sedang kedinginan, segera seduhlah teh hitam ataupun teh hijau panas untuk melawan flu, ya!

2. Sup hangat yang dibuat dari kaldu ayam dan diperbanyak bawang putih serta lada sebagai bumbunya mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Sup yang dikonsumsi selagi hangat dapat membantu memecahkan atau menipiskan lendir di dalam tubuh. Karbohidrat yang terkandung di dalam kaldunya akan meningkatkan energi, ditambah lagi dengan komposisi sayuran yang kaya akan antioksidan menjadi makanan sempurna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jangan lupa untuk membubuhkan lebih banyak bawang putih dan lada di dalamnya untuk meningkatkan sirkulasi, mencegah pembekuan darah, dan memberikan kehangatan yang kamu dambakan.

3. Secangkir oatmeals hangat nggak hanya bikin perut kenyang lebih lama, tapi juga meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih hangat

Melahap secangkir oatmeals hangat nggak hanya akan memberimu rasa kenyang yang tahan lama, tapi juga menghangatkan tubuh karena proses pencernaannya menghasilkan energi panas yang lebih banyak. Oatmeals terbuat dari gandum utuh yang diperkaya oleh serat dan protein nabati yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sederhana seperti kue dan roti manis. Selain itu, oatmeals mengandung pati bertenaga yang disebut beta-glukan. Untuk menambah kandungan nutrisinya, kamu bisa menambahkan susu atau keju. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan irisan pisang dan selai kacang agar rasanya lebih lezat.

4. Rasa pedas dan sifat termogenik dalam wedang jahe efektif hangatkan badan yang lagi kedinginan

Jahe memiliki rasa pedas dan kualitas termogenik dari kombinasi dua senyawa tajam, yakni gingerol dan shogaol. Jahe dipercaya mampu meredakan sakit kepala dan masalah pencernaan, jahe juga bagus untuk menghangatkan tubuh di cuaca dingin. Sebenarnya, mengunyah jahe mentah bekerja lebih efektif untuk menghangatkan tubuh karena mencerna makanan mentah dapat meningkatkan suhu tubuh untuk waktu yang lebih lama daripada makanan yang dimasak. Namun segelas wedang jahe juga bisa kamu seduh saat badanmu lagi kedinginan karena kehujanan.

5. Selama musim hujan, sediakan sayuran akar dan umbi-umbian di rumah karena mengandung tinggi serat yang menghangatkan perut

Sayuran akar dan umbi-umbian seperti kol, ubi jalar, labu, wortel, dan kentang adalah salah satu kelompok sayuran yang paling efektif untuk menghangatkan tubuh. Sayuran dan umbi-umbian ini memerlukan lebih banyak energi untuk diolah dalam tubuh daripada sayuran lainnya. Kelompok sayuran ini juga diperkaya oleh vitamin A dan C, kalsium, kalium, serat, serta sedikit zat besi. Cocoknya hasil tanaman umbi-umbian ini bisa dimasak dengan cara dipanggang, dikukus, dibakar atu dijadikan bubur.

6. Jika kamu ingin mengonsumsi camilan hangat yang kaya akan protein, maka edamame rebus adalah jawabannya

Sebagian besar toko bahan makanan pokok menyediakan edamame. Nggak perlu repot untuk mendapatkan kelezatannya, cukup rebus edamame bersama garam secukupnya untuk mendapatkan rasa gurihnya. Sekitar 100 gram edamame mengandung 8 gram serat dan 100 kalori. Nggak hanya itu, edamame juga kaya akan folat, vitamin K dan zat besi lho!

7. Makanan pedas yang dibubuhi cabai di dalamnya nggak hanya menghangatkan, tapi juga mampu menurunkan berat badan

Mengonsumsi makanan dengan seperti cabai merah mampu merangsang sistem peredaran darah yang menyebabkan sensasi hangat di seluruh tubuh. Ini semua berkat senyawa aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu capsaicin. Cabai juga ditemukan berpotensi memiliki efek yang nggak main-main pada perasaan kenyang dan pemecahan lemak tubuh, makanya cabai pun berfungsi untuk menurunkan berat badan. Mengolah cabai dengan mengombinasikannya bersama daging merah akan memberikan kombinasi makanan yang memberikan sensasi hangat di badan.

8. Minuman kayu manis yang diseduh hangat-hangat pun bisa cegah flu dan menghalau cuaca dingin

Rempah-rempah yang berkhasiat menghangatkan tubuh ternyata bukan jahe saja. Kayu manis yang dikenal dengan aroma istimewanya juga nggak kalah manfaatnya dari jahe. Ada banyak cara untuk menggunakan kayu manis, yaitu mencampurkannya pada minuman, menjadi bumbu masakan, atau memanfaatkannya untuk campuran roti. Untuk membuat wedang kayu manis, caranya cukup mudah. Rebus air kemudian diamkan dalam api kecil selama lima menit setelah memasukkan kayu manis. Biarkan air mendingin kemudian campurkan madu. Wedang kayu manis ini bisa dinikmati di saat hujan. (Equityworld Futures)

Save