Equityworld Futures | Siapa Victor Hugo yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

PT Equityworld Futures 1017092

Equityworld Futures | Mesin pencari Google hari ini, Jumat (30/6/2017), dihiasi doodle yang memperlihatkan pria berambut putih dengan dua patung di bagian depannya. Jika diklik, akan ditampilkan total lima ilustrasi yang memperlihatkan hasil karya dari pria tersebut.

Ilustrasi pria itu tak lain adalah Victor Hugo. Ia merupakan sastrawan, penulis, dan pengabdi seni dunia. Lantas apa spesialnya sehingga Victor Hugo dijadikan doodle oleh Google?

Menurut Google, doodle hari ini dibuat untuk merayakan hari ulang tahun Victor Hugo ke-215. Uniknya, Victor Hugo sebenarnya pada 26 Februari 1802 di Besancon, Perancis dan tutup usia 22 Mei 1885 pada umur 83 tahun.

Ternyata, doodle ini untuk merayakan hari jadi karyanya yang sangat terkenal, yakni Les Miserables. Babak terakhir dari novel epik itu dirilis pada tanggal 30 Juni 1862.

Nama lengkapnya adalah Victor Marie Comte Hugo, anak jenderal di zaman Napoleon. Ayahnya pernah menjadi gubernur di Spanyol dan Italia. Sejak usia lima belas tahun, ia telah menulis puisi.

Pada tahun 1817, ia mendapat pujian dalam sayembara yang diadakan Akademi Perancis. Lalu pada tahun 1819, ia memperoleh hadiah sastra dari Academie des Jeux Floraux de Toulouse.

Doodle hari ini sendiri menggambarkan karya-karyanya, seperti Notre Dame de Paris (The Hunchback of Notre-Dame) yang dirilis pada 1831 dan koleksi puisi Les Contemplations yang dirilis pada 1856.

Pada tahun 1862, saat di mana Victor Hugo merilis Les Miserables, ia sedang diasingkan selama 10 tahun karena pandangan politiknya. Saat masa itu, Victor Hugo menuliskan tiga koleksi puisi lainnya, ditambah beberapa buku, termasuk Les Travailleurs de la Mer (Toilers of the Sea) dan L’Homme Qui Rit (The Man Who Laughs).

Kemudian, Victor Hugo mendirikan Association Litteraire et Artistique Internationale untuk mendukung hak-hak para seniman.

Victor Hugo dihormati dengan muncul di mata uang Perancis. Namanya juga dijadikan nama jalan, taman, pegunungan, dan beberapa patung di kota besar Perancis.

Victor-Marie Hugo (lahir 26 Februari 1802 – meninggal 22 Mei 1885 pada umur 83 tahun) adalah salah satu penulis aliran romantisme pada abad ke-19 dan sering dianggap sebagai salah satu penyair terbesar Perancis. Karya-karyanya yang paling terkenal adalah novel Les Misérables dan Notre-Dame de Paris. Karya puisinya yang dianggap sangat menonjol diantaranya adalah Les Contemplations dan La Légende des siècles.

Walaupun sangat konservatif pada masa mudanya, pada usia tua, ia berpindah ke aliran kiri. Ia menjadi pendukung aliran republikanisme dan Uni Eropa. Hasil karyanya menggambarkan hampir semua isu politik dan sosial, serta kecendrungan artistik pada zamannya.

Kata kebajikan yang dikenang Victor Hugo:
“Kebaikan adalah harta langka dalam sejarah dan orang baik adalah agung” (Equityworld Futures)

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, PT Equity World , Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC , EWF, PT EWF

Save

Save