Equityworld Futures | Ternyata Ini Alasan Ilmiah Kenapa Agama Melarang Manusia Tidur Terlalu Lama. Ternyata Ngeri Efeknya!

Equityworld Futures | Tidur merupakan kebutuhan hampir semua makhluk hidup, terlebih manusia. Sebab dengan tidur, orang bisa mencegah sel-sel untuk terlalu cepat menua dan mengganti sel-sel mati. Normalnya, setiap orang membutuhkan waktu paling nggak 6-7 jam per hari untuk tidur. Normalnya sih begitu. Sayangnya, hal ini seolah nggak berlaku buat hidup beberapa cowok di luar sana. Sebagian cowok begitu susah untuk tidur selama 6-7 jam per hari. Kadang kurang dan sering lebih. Selain badanmu mengalami pegal-pegal karena lelah, ternyata penelitian menemukan dampak kelamaan tidur pada kesehatan loh!

Nah, ulasan kali ini akan membicarakan masalah buruk yang bisa menyerang tubuh para cowok yang sering kebanyakan tidur. Ini jelas bukan hal yang baik untuk dilanjutkan. Seburuk apakah itu? Simak nih!

1. Sering nggak mengalami sakit kepala sepanjang hari setelah tidur lama? Ini berujung pada produktivitasmu juga lho!
Pernah mengalami pusing ketika bangun tidur? Ini bukan karena kamu bangun dengan cara dikejutkan oleh suatu hal, melainkan karena durasi tidurmu yang kelamaan. Selain pusing, menurut Michael Irwin, Profesor Ilmu Psikiatri dan Behavior di David Geffen School Medicine, Los Angeles orang yang kebanyakan tidur memiliki gangguan atau kesulitan di fungsi mental dasar, seperti susah untuk berkonsentrasi pada satu hal. Seperti penelitian dari Journal of the American Geriatrics Society yang menyatakan bahwa tidur kelamaan bisa menyebabkan otak mengalami penuaan dua tahun lebih cepat dan kehilangan daya konsentrasi.

2. Tidur lebih dari 8 jam per hari juga bisa memperburuk kinerja jantungmu. Masih muda sudah kena penyakit jantung?
Penelitian pada tahun 2012 yang dilakukan oleh American College of Cardiology menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat erat antara durasi tidur yang lama dengan kesehatan jantung. Dari tiga ribu orang peserta, yang sering tidur lebih dari 8 jam sehari memiliki risiko dua kali lipat menderita serangan jantung daripada yang tidur dengan waktu normal. Buat kalian, terutama para mahasiswa yang sering tidur siang lama karena malamnya nggak tidur, kalian nggak mau kena serangan jantung di usia muda ‘kan? Makanya, kurang-kurangilah kebiasaan tidur lama-lama. Secukupnya saja!

3. Tidur dengan durasi berlebih juga bisa membuat berat badanmu menjadi berlebih. Belum lagi penyakit diabetes sudah menanti di depan mata!
Masih menurut Prof Irwin, tidur berdurasi lama juga bisa menyebabkan obesitas. Selain itu, ada penelitian yang mengatakan bahwa dengan banyaknya waktu yang digunakan untuk tidur, semakin sedikit waktu yang digunakan tubuh untuk bergerak. Akhirnya, hanya sedikit kalori yang dibakar oleh tubuh. Nggak cuma obesitas, hal ini juga berpengaruh pada meningkatnya kadar gula dalam darah. Apalagi kalau kamu sering begadang hingga pagi. Belum lagi pola makan yang nggak teratur. Lengkap.

4. Konon, tidur bisa membantu menenangkan kamu yang dilanda stres dan depresi. Tapi kalau kelamaan, gangguan jiwamu akan semakin tinggi
Ketika orang sedang stres, sebagian akan menanggalkan sejenak masalahnya dengan tidur beberapa jam (dalam waktu normal). Dan itu ampuh. Sementara orang yang tidur lebih lama, justru akan mengalami tingkat depresi yang semakin meninggi. Dikutip dari Huffingtonpost, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2014 lalu menyatakan sebanyak 49 persen orang mengalami depresi ketika mereka terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Sementara orang yang tidur normal 6-7 jam, hanya 27 persen.

5. Meski belum ada penelitian resmi tentang risiko kematian pada orang yang kebanyakan tidur, menurut data di atas, hal ini tetap berbahaya buat dilakuin!
Ya, sebenarnya belum ada penelitian resmi yang dilakukan untuk menyatakan risiko mati muda pada orang yang tidur terlalu lama. Tapi dari beberapa faktor di atas dapat kita simpulkan dengan sederhana; begitu banyak gangguan yang bisa menyerang tubuhmu ketika kamu tidur dengan durasi berlebihan.

Intinya adalah, apapun itu, bahkan hal seperti tidur pun, bisa berakibat buruk kalau itu dilakukan secara berlebihan. Maka dari itu, jangan lagi biasakan melakukan sistem balas dendam untuk tidur bagi para cowok, yang sering begadang di weekdays, dan akan tidur berjam-jam di akhir pekan. Seberat apapun tugas dan bebanmu, gunakanlah waktu istirahatmu dengan baik. Tidur cukup 6-7 jam, ya. (JK- Equityworld Futures)