Equityworld Futures | Waspada Hipertensi/Darah Tinggi Dengan Mengenali 6 Gejala Tak Biasa ini Dan Cara Mengatasi Hipertensi

PT Equityworld Futures 1017170

Equityworld Futures | Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Penyakit ini terjadi ketika tekanan darah melebihi batas normal tekanan darah manusia, biasanya seseorang dikatakan hipertensi bila tekanan darah yang tinggi ketika menunjukkan angka di atas 140/90.

Patut kamu ketahui, ternyata ada 6 gejala tak biasa dari penyakit yang bisa sebabkan stroke dan serangan jantung yang mungkin tak kamu kira. Berikut 6 gejala tersebut yang :

1. Rasa sakit di sekitar mata.

Banyak orang mengacuhkan gejala ini apalagi mereka yang bekerja di depan layar komputer. Gejala ini sering dianggap biasa karena kebanyakan memandang monitor, padahal bisa jadi gejala hipertensi.

2. Batuk terus menerus

Batuk biasanya berhubungan dengan sistem pernapasan. Nggak ada yang menyangka bila batuk terus-menerus juga salah satu gejala hipertensi.

3. Sakit pada dada.

Rasa sakit pada dada tidak selalu diindikasikan sebagai gangguan pada jantung. Faktanya, rasa sakit pada dada juga bisa menjadi gejala hipertensi.

4. Kehilangan gairah.

Ini adalah tanda tak biasa dari hipertensi. Beberapa orang kehilangan gairah untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Jika kamu mengalami hal yang sama, ada baiknya segera menuju ke klinik.

5. Kelelahan.

Jika kamu merasa sering kelelahan secara fisik maupun mental, daripada menyalahkan beban kerjaan, ada baiknya kamu juga mengecek tekanan darahmu.

6. Mual-mual.

Di beberapa kasus hipertensi, sering terjadi keluhan mual-mual. Salah satu cara mengatasinya adalah berbaring sejenak dan segera konsultasi ke dokter.

Salah satu gangguan kesehatan yang sering melanda dan bukan penyakit yang langka di idap oleh banyak orang adalah hipertensi, seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi memiliki ukuran darah mencapai 140/90. Penyakit hipertensi ini dapat memicu penyakit serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh jantung yang dipaksa untuk memompa darah menjadi lebih cepat dan bekerja ekstra keras, dalam proses memompa darah secara cepat iniilah yang membuat otot jantung menjadi menebal. Jika dibiarkan terus otot jantung akan semakin melar dan berakibat fatal pada jantung yang akhirnya mati.

Perubahan yang terjadi di pembuluh jantung akan memudahkan pembuluh jantung mengalami penyempitan dan penimbunan plak. Untuk itu bagi penderita hipertensi ini wajib menjauhkan atau menghindari makanan yang menyebabkan hipertensi.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai menu makanan sehat yang dapat membantu meringankan hipertensi :

1. Seledri

Seledri termasuk salah satu bahan sayuran pelengkap masakan, sebenarnya seledri memiliki fungsi dan khasiat sebagai obat anti hipertensi. Disarankan mengonsumsi seledri sedikitnya 4 pucuk seledri untuk menjaga tekanan darah atau dibuat jus yang dicampur dengan beberapa jenis buah segar.

2. Bawang putih

Bawang putih dijuluki “obat ajaib” untuk jantung karena memiliki manfaat bagi seluruh sistem kardiovaskular. Dari hasil studi yang dilakukan pada beberapa pasien hipertensi dengan pemeberian 1 siung bawang putih setiap hari selam 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan kolesterol. Bawang putih juga dapat dicampurkan dalam beberapa menu masakan.

3. Tomat

Buah tomat yang mengandung likopen, air dan GABA (gamma-amino butyric acid) ternyata dapat dijadikan sebagai buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Rempah segar

Ganti konsumsi garam anda dengan beberapa cincangan rempah seperti oregano, jintan, lada hitam, thyme, dan daun salam. Rempah-rempah tersebut banyak mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan.

5. Yogurt

Yogurt dengan kandungan susu rendah lemak. Yogurt mengandung 50 % lebih banyak kalsium dan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi yogurt dan membatasi atau mengurangi penggunaan garam dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, sehingga tekanan darah pun menjadi normal dan tekanan darah menjadi 120/80 dan jantung pun semakin sehat. (Equityworld Futures)

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, PT Equity World , Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC, EWF, PT EWF

Save