Equityworld Futures | Pidato Trump soal Iran Bikin Harga Emas Sempat Anjlok

pt equityworld emas

Equityworld Futures | Setelah Rabu kemarin ditutup anjlok, kini harga emas bergerak naik kembali tak mencatatkan kenaikan tinggi seperti sebelum-sebelumnya. Pasar saat ini masih diliputi dengan hawa panas antara Amerika Serikat (AS) dengan Iran.

Kamis (9/1/2020) harga emas di pasar spot menyentuh level US$ 1.559,99/troy ons naik tipis 0,28% dibanding posisi penutupan perdagangan kemarin. Logam mulia ini kemarin dihargai di level US$ 1.555,71/troy ons atau terkoreksi 1,15% dibanding harga penutupan sehari sebelumnya.

Harga emas sempat turun ketika Trump menegaskan tidak akan menyerang balik Iran setelah pangkalan militer gabungan di Al Asad Irak dihujani belasan rudal oleh Iran. Kondisi sempat memanas memang kala itu.

Iran berbalik menyerang sebagai bagian dari aksi balas dendam akibat terbunuhnya pimpinan militer Quds Force Qassem Soleimani. Iran juga mengatakan hal tersebut merupakan tamparan untuk AS.

Dalam serangan tersebut Iran mengklaim ada 80 tentara AS yang tewas. Namun hal tersebut dibantah oleh Presiden AS Donald Trump dalam pidatonya.

“Tidak ada warga AS yang terluka dalam serangan rudal Iran.” begitu kata presiden ke-45 AS itu di Gedung Putih melansir AFP.

Selanjutnya Trump akan mengenakan sanksi ekonomi untuk Iran. Walau tak disampaikan secara detail, tetapi Trump menegaskan sanksi tersebut akan berlaku sampai Iran mengubah pikirannya terutama soal pengembangan nuklir.

“Iran harus meninggalkan ambisi nuklirnya dan mengakhiri dukungannya untuk terorisme.” Ujar Trump.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa zona hijau di Irak kembali diserang roket. Setidaknya ada dua roket Katyusha yang mendarat di wilayah internasional yang dipimpin oleh AS. Menurut militer Irak tak ada kerusakan yang berarti di wilayah itu. Juru bicara militer AS Kol. Myles B. Caggins III juga menegaskan hal ini.

“Koalisi militer mengkonfirmasi roket kecil menyerang sekitar zona internasional di Baghdad,” katanya dari akun twitter @OIRSpox.

Mengutip AFP, serangan terjadi 24 jam setelah Iran meluncurkan rudal balisitik ke pangkalan militer gabungan AS-Irak di Ayn Al -Asad.

Walau pidato Trump membuat ketegangan agak mereda. Namun hawa panas masih terasa, harga emas masih berada di posisi yang tinggi saat ini. Konflik sudah bergulir. Tak ada yang tahu bagaimana skenario akhir dari kisruh ini.  (Equityworld Futures)