PT. Equityworld Futures – HSBC mengatakan pelemahan dolar AS dan hedging terkait dengan referendum untuk meninggalkan Uni Eropa Inggris atau yang sering disebut Brexit merupakan hal yang bullish untuk emas.

Bank foreign-exchange-team melihat euro akan naik ke level $ 1,20 pada akhir tahun. “Hal ini didukung oleh pandangan bahwa ECB (Bank Sentral Eropa) dan BOJ (Bank of Japan) tampaknya telah memprakarsai gencatan senjata dalam perang mata uang global dengan langkah menjauh mereka dari fokus yang serius untuk mata uang mereka,” analis di HSBC.

“Kami percaya bahwa hal ini akan menjadi keuntungan untuk emas.” Hal lain yang merupakan bullish untuk emas yakni potensi hedging menjelang referendum Inggris untuk keanggotaannya di Uni Eropa, ”

Strategis forex HSBC mengungkapkan alasan mengapa franc Swiss akan menjadi mata uang yang baik sebagai hedge menjelang referendum. “Ini termasuk kemungkinan rally dalam kasus pemungutan suara untuk meninggalkan Uni Eropa, namun rasanya kurang signifikan jika referendum menegaskan keanggotaan Inggris di Uni Eropa,” tambah HSBC.

HSBC percaya hubungan asimetris ini juga berlaku untuk emas. bank terus melihat potensi emas akan mencapai level $ 1.300 per ounce tahun ini. Demikian juga dengan pelemahan USD, HSBC melihat risiko global dan pemulihan sederhana harga minyak membuat emas menjadi bullish. (sdm)

Sumber : www.ewfpro.com