PT. Equityworld Futures – Saham China turun, indeks acuan catat penurunan terbesar dalam dua bulan terakhir sejak 2008 lalu di tengah kekhawatiran bahwa intervensi pemerintah untuk menopang pasar akan gagal.

Indeks Shanghai Composite turun sebesar 0,8 persen ke level 3,205.99 pada penutupan perdagangan, pengupas kerugian sebanyak 3,8 persen. Indeks SSE 50, yang mewakili saham terbesar di Shanghai, rally sebanyak 6,7 persen dari intraday terrendahnya. Indeks Citic Securities Co anjlok sebesar 5 persen pasca Xinhua News Agency melaporkan bahwa pejabat eksekutif perusahaan tersebut ditahan karena dicurigai melakukan insider trading dan regulator sekuritas mengatakan memesan industri broker untuk meningkatkan kontribusinya untuk menyelamatkan pasar saham nasional. Spekulasi bearish di pasar opsi naik karena pedagang terbebani tingkat dukungan negara sebelum parade kemenangan Perang Dunia II pekan ini.

Ayunan di pasar saham China bulan ini telah mengguncang investor seluruh dunia karena mereka berjuang untuk mengantisipasi tindakan kebijakan dalam perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut. Saham menguat hampir sebesar 10 persen selama Kamis dan Jumat terkait spekulasi otoritas yang menopang pasar sebelum Presiden Xi Jinping berpidato di parade tersebut, pemerintah akan meningkatkan kekuatan militer dan politik. (izr)

Sumber : www.ewfpro.com