CALIFORNIA – Kecelakaan yang dialami Jason Barnes dua tahun lalu membuatnya kehilangan bagian bawah lengan kanannya. Ia yang merupakan seorang penabuh alat musik drum hampir kehilangan mimpinya.

Dilansir Theverge, (9/3/2014), perangkat prostetik canggih atau tiruan bagian tubuh manusia membuatnya bisa terus memukul drum. Ia dibantu dengan profesor Gil Weinberg dari Georgia Institute of Technology untuk pembuatan lengan robot.

“Ini sangat menakjubkan,” ungkap Jason. Perangkat baru ini melibatkan proses electromyography, yang dapat mengikuti arah gerakan tangan Jason melalui sinyal listrik yang diproduksi bagian otot lengan atas.

Untuk menggunakan lengan robot ini, Jason harus mengandalkan otot-ototnya guna mengontrol motor kecil yang menangani stik drum. Alat ini justru memberikan keuntungan lebih pada musikalitas Jason, karena lengan kanan cyborg-nya ini mampu memegang dua stik drum sekaligus.

Sebuah chip yang tertanam memungkinkan dua tongkat dapat bermain dengan ritme yang berbeda. Jason dapat menguasai lengan prostetik ini dan memukul drum lebih cepat ketimbang orang biasa.

“(Ia) drummer yang pada dasarnya menjadi cyborg,” kata Weinberg. Ia mengatakan, Jason akan tampil pada sebuah event konser Atlanta Science Festival yang digelar 22 Maret 2014.

“Sungguh menarik untuk melihat dia bermain dan berimprovisasi dengan bagian lengannya, yang ia tidak kontrol sepenuhnya,” tuturnya. (ahl)