Perjalanan jauh menanti tim nasional Indonesia U-19 menuju tur Spanyol. Total hampir 22 jam para punggawa ‘Garuda Jaya’ harus menghabiskan waktu di pesawat terbang menuju Eropa.

Keberangkatan Timnas U-19 menuju Spanyol terbagi dua kloter. Kloter pertama akan berangkat Jumat 12 September 2014, pukul 17.45 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta menggunakan maskapai penerbangan Qatar Airlines.

Lalu, kloter kedua baru berangkat dengan maskapai penerbangan KLM pada pukul 18.45 WIB. Perjalanan panjang dan melelahkan akan dihadapi tim asuhan Indra Sjafri ini.

Menurut situs resmi Qatar Airlines, total penerbangan kloter pertama Timnas U-19 akan memakan waktu selama 21 jam 55 menit. Perjalanan semakin panjang karena akan transit sebanyak tiga kali dengan total waktu transit 4 jam 35 menit.

Kloter pertama akan terbang 4 jam 15 menit ke Doha lebih dulu dan transit selama 3 jam 10 menit. Setelah itu, mereka melanjutkan penerbangan selama 5 jam ke Frankfurt, sebelum menggunakan penerbangan Iberia Express dari Jerman untuk menuju ke Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas, Madrid.

Lalu, kloter kedua Timnas U-19 baru berangkat satu jam berselang yaitu pukul 18.45 WIB dengan penerbangan asal Belanda, KLM. Penerbangan kali ini lebih sebentar dari kloter pertama yaitu 19 jam 45 menit.

Berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, kloter kedua transit sebentar di Kuala Lumpur sebelum terbang langsung ke Bandara Schiphol di Amsterdam. Setelah itu, mereka melanjutkan penerbangan ke Madrid. Rencananya, kloter kedua tiba pada hari Sabtu pagi waktu setempat.

Perjalanan panjang ini tentu menguras energi para pemain Timnas U-19. Mereka pun hanya punya waktu sebentar untuk adaptasi dengan kondisi Spanyol sebelum laga perdana Minggu 14 September 2014.

Selama di Spanyol, Timnas U-19 akan tinggal di tiga kota yakni, Madrid, Valencia dan Barcelona. Evan Dimas cs rencananya akan melawan Atletico Madrid B, Barcelona B, Valencia B, dan Real Madrid C.

Dijadwalkan pula, para punggawa Garuda Jaya akan mengunjungi sejumlah obyek wisata di negara tersebut sebagai bagian dari program rekreatif.

Tur Eropa ini merupakan rangkaian persiapan Timnas U-19 jelang tampil di Piala Asia U-19, awal Oktober mendatang. Rencananya, mereka kembali ke tanah air pada 26 September 2014.

 

Sumber : Viva Bola