PT. Equityworld Futures – Emas berayun antara keuntungan dan kerugian Senin terkait aksi jual minyak dan penguatan dalam ekuitas membuat investor mempertimbangkan daya tarik logam sebagai aset alternatif.

Negosiasi di Doha antara anggota OPEC dan produsen minyak lainnya berakhir tanpa kesepakatan untuk membatasi pasokan, kegagalan diplomatik yang menjadi ancaman untuk memperbaharui gejolak pada harga dan meningkatkan daya tarik emas sebagai aset safe haven. Ekuitas naik di tengah pendapatan yang lebih baik dari perkiraan dari Morgan Stanley dan Hasbro Inc

Emas telah mengalami kenaikan sebesar 16 persen tahun ini di tengah kekacauan pasar keuangan dan kekhawatiran atas prospek pertumbuhan ekonomi global. Pengelola keuangan meningkatkan spekulasi mereka pada reli harga ke level tertinggi sejak 2012, menempatkan optimisme mereka ke tingkat yang terakhir terlihat sebelum dimulainya Bear Market tiga tahun lalu.

Emas berjangka untuk pengiriman Juni naik kurang dari 0,1 persen untuk berakhir di $ 1.235 per ons pada 1:45 siang di Comex, New York, menuju hari kedua kenaikannya.

Posisi net-long di emas berjangka dan opsi melonjak 13 persen menjadi 184.218 kontrak pada pekan yang berakhir 12 April menurut data Commodity Futures Trading Commission yang dirilis tiga hari setelahnya.(mrv)

Sumber : www.ewfpro.com