PT. Equityworld Futures – Pengembangan jaringan kereta bandara yang menghubungkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang dan Manggarai di Jakarta Selatan dikebut.

detikFinance berkesempatan mengunjungi langsung bagian dari proyek Kereta Bandara Soetta, di antaranya melihat sejauh mana perkembangan pembangunan Stasiun di Bandara Soetta. Stasiun ini nantinya akan jadi pusat pertemuan antara Kereta Bandara Soetta dan Automatic People Mover System (APMS) atau kereta tanpa awak yang berkeliling antar terminal.

Saat ini pembangunan stasiun tersebut baru berjalan 26%, seperti peron berwarna putih dan stasiun APMS. Namun pemasangan rel-rel belum mencapai stasiun, karena baru terpasang dari ujung landasan bandara sampai kawasan M1 di area Bandara Soetta.

“Stasiun bandara pembangunannya sudah 26%, rel yang sudah terpasang dari ujung landasan bandara sampai M1,” ujar Head of Project Management Unit (PMU) Soekarno-Hatta International Airport Development, Agung Sedayu, saat meninjau pembangunan stasiun di Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (17/5/2016)

Stasiun di Bandara Soetta atau Airport Railway Station (ARS) ini ditargetkan selesai pada Desember 2016 dan bisa beroperasi di semester I tahun 2017.

Kereta Bandara ini nantinya akan melewati Stasiun Batuceper, Duri, Sudirman Baru, dan berakhir di Manggarai. Saat ini, PT KAI sedang menyelesaikan jalur baru dari ARS hingga Stasiun Batuceper sejauh 12 kilometer (km) saja.

Sumber : www.detik.com