PT Equityworld Futures – Penjualan ritel AS pada bulan Desember menurun dalam hampir setahun terakhir, mencerminkan penurunan berbasis luas untuk memangkas pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan para ekonom.

Penjualan ritel AS menurun sebesar 0,9 %, yang merupakan penurunan terbesarnya sejak Januari 2014 lalu, menyusul kenaikan 0,4 % pada bulan November yang tidak sesuai dari perkiraan sebelumnya, menurut Departemen Perdagangan hari ini di Washington. Penurunan bulan lalu hampir 2 kali lebih besar menurut perkiraan dari 87 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.

Elektronik dan toko pakaian di antara 9 dari 13 kategori utama yang menunjukkan penurunan penerimaan bulan lalu seiring konsumen Amerika memutuskan untuk menghemat daripada membelanjakan yang secara tak terduga harga minyak mentah yang terus menurun. Membaiknya pasar tenaga kerja dan pick-up dalam pertumbuhan upah akan diperlukan untuk mendukung permintaan di pengecer seperti Family Dollar Stores Inc.

Perkiraan rata-rata ekonom yang disurvei oleh Bloomberg menyerukan penurunan sebesar 0,1 %. Perkiraan berkisar dari penurunan 0,5 % dari peningkatan sebelumnya sebesar 0,7 %.

Penjualan ritel bulan November terkait kenaikan sebesar 0,7 % yang dilaporkan sebelumnya. Rilis data bulan Oktober juga direvisi turun untuk menunjukkan kenaikan 0,3 % dari laporaan sebelumnya meningkat sebesar 0,5 %. (knc)

sumber : ewfpro.com