PT Equity World | Bursa saham AS pada hari Rabu berakhir mixed dengan Nasdaq 100 membukukan rekor tertinggi baru. Kekuatan di saham teknologi pada hari Rabu adalah bullish untuk pasar secara keseluruhan. Indeks saham jatuh kembali dari level terbaiknya pada data ekonomi AS yang beragam pada hari Rabu dan kelemahan dalam saham energi.

Indeks S&P 500 ditutup naik +0,03%, Indeks Dow Jones Industrials ditutup turun -0,14%, dan Indeks Nasdaq 100 ditutup naik +0,19%.

Komentar optimis pada hari Rabu dari Wakil Presiden ECB de Guindos membantu mendorong Euro Stoxx 50 ke level tertinggi 13-1/2 tahun dan mendukung saham AS. Dia mengatakan ekonomi “berkinerja lebih baik pada tahun 2021 dari yang kami harapkan,” dan ini akan tercermin dalam proyeksi ECB yang akan diterbitkan dalam beberapa hari mendatang.

Data ekonomi AS hari Rabu beragam untuk saham. Sisi positifnya, indeks manufaktur ISM Agustus AS secara tak terduga naik +0,4 menjadi 59,9, lebih kuat dari ekspektasi penurunan menjadi 58,5. Juga, pengeluaran konstruksi bulan Juli naik +0,3% m/m, lebih kuat dari ekspektasi +0,2% m/m. Di sisi negatif, pekerjaan ADP Agustus naik +374,000, jauh di bawah ekspektasi +625.000.

PVH Corp ditutup naik lebih dari +15% pada hari Rabu untuk memimpin gainers di S&P 500 setelah melaporkan pendapatan Q2 sebesar $2,21 miliar, di atas konsensus $2,14 miliar.

Kelemahan dalam saham energi dan penyedia layanan energi pada hari Rabu merupakan faktor bearish untuk pasar secara keseluruhan. Devon Energy dan Marathon Oil ditutup turun lebih dari -4%. Diamondback Energy, Valero Energy , dan Marathon Petroleum ditutup turun lebih dari -3%, dan Phillips 66 dan Occidental Petroleum ditutup turun lebih dari -2%.

AbbVie ditutup turun lebih dari -7% pada hari Rabu untuk memimpin pecundang di S&P 500 setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) memberikan peringatan baru pada obat arthritis Rinvoq Abbvie bahwa obat tersebut membawa peningkatan risiko pembekuan darah dan kematian.

Penyebaran varian delta Covid di seluruh dunia terus memberikan tantangan bagi AS dan ekonomi global. Pada hari Selasa, rata-rata 7 hari infeksi baru Covid A.S. naik ke level tertinggi 7 bulan di 162.273.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa AS akan mencermati data jobless claim malam ini yang jika terealisir turun akan memberikan gambaran pemulihan tenaga kerja AS dan mendukung kenaikan bursa AS.