PT Equityworld | Kenalilah 8 Ciri Psikopat Ini, Bisa juga Kamu Sendiri Salah Satunya

pt equityworld

PT Equityworld | Psikopat adalah seseorang yang manipulatif dan mudah untuk mendapatkan kepercayaan orang lain. Dengan kata lain psikopat merupakan orang berkepribadian ganda. Terdapat enam orang psikopat dunia yang kisahnya sangat bikin bulu kita merinding, Leonarda Cianciulli salah satunya. Esensinya, seorang psikopat memang pandai menutup suatu perasaan hingga seolah-olah dirinya sedang bersikap normal. Padahal, di balik sikapnya ada karakter emosi tersembunyi yang tertutup rapat dan berbahaya.

Mungkin kita tidak sadar bahwa di sekitar kita terdapat psikopat yang dapat mengancam keamanan. Atau jangan-jangan malah diri kita sendiri yang termasuk dalam kategori itu: ‘psikopat’. Menurut seorang profesor Robert Hare dari University of British Columbia, dilansir dari Business Insider, memaparkan bahwa ada 8 ciri utama seorang psikopat.

1. Ciri pertama yang harus diwaspadai adalah seorang psikopat pandai sekali dalam berbohong

Biasanya nih seorang psikopat berbohong tanpa tujuan, lebih cenderung kepada hanya untuk memuaskan hasrat pribadi agar keuntungan sendiri dapat terpenuhi. contohnya, seorang memanipulasi soal pencapain prestasi dirinya, di bidang musik misalnya. Padahal ia tak pernah sama sekali melakukan hal itu. Gawatnya, dalam skala besar seorang psikopat akan melakukan penipuan yang bagi dirinya sebagai hal yang menyenangkan.

2. Maka dari itu seorang psikopat memiliki kenekatan yang tinggi saat melakukan sesuatu yang buruk

Seorang psikopat sangat senang melakukan hal-hal yang dapat membahayakan dirinya, juga orang lain. Seperti kebut-kebutan di jalan raya, main judi, serta memakai obat-obatan terlarang. Bahkan, yang lebih sadis, ia dengan teganya mampu membunuh orang tanpa rasa bersalah. Baginya hal tersebut merupakan ritual kepuasan tersendiri yang harus dipenuhi.

3.  Dan setelah melakukan sesuatu hal yang buruk, tidak ada rasa penyesalan sama sekali dari seorang psikopat

Ciri paling krusial bagi seorang psikopat adalah pandai menutupi siapa dirinya yang sebenarnya. Oleh karena itu ketika ia melakukan kesalahan yang dapat merugikan orang lain, dirinya tidak merasa bersalah sama sekali karena sifat apatis pada dirinya sangat erat melekat. Malah, dengan mudahnya ia bisa menunjukkan sikap seakan peduli terhadap korban.

4. Karenanya, seorang psikopat sangat egois dan tidak memiliki rasa empati kepada orang lain alias skeptis

Boro-boro mau peduli sama orang lain, dirinya saja tidak dapat merasakan emosi, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Dirinya memang bersikap dingin sekali terhadap orang lain. Dia bahkan tidak peduli jika orang lain sedang mendapat musibah, kadang justru akan merasa senang. Bahayanya adalah ketika ia ingin berbohong kepada orang lain atau ingin berbuat jahat, secara otomatis dia akan pura-pura peduli.

5. Dan sudah jelas seorang psikopat memiliki temperamen yang tinggi dan cenderung tidak stabil emosinya

Hati-hati jika kamu memiliki sifat yang mudah marah atau temperamental, seorang psikopat memiliki sifat tersebut. Dalam sebuah kasus, katakanlah kekerasan dalam rumah tangga, marahnya seorang psikopat sangat meledak-ledak. Sifat lainnya, seorang psikopat sangat agresif dan tidak sabaran dalam menghadapi suatu masalah.

6. Hati-hati juga dengan sifat mudah bosan. Seorang psikopat tidak memiliki kedisiplinan dalam menyelesaikan pekerjaan karena sifat ini

Psikopat tidak suka melakukan pekerjaan dalam jangka waktu yang lama.  Mereka menganggap hal yang terus-terusan dilakukan setiap hari sangat membosankan. Pada awalnya orang yang mengidap psikopat sangat bersemangat dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan, namun semakin lama ia akan merasa jengah dan ingin pindah haluan melakukan hal lain yang menurutnya lebih menyenangkan.

7. Seorang psikopat juga termasuk orang-orang yang sombong dan merasa dirinya paling hebat

Sifat ini dapat terlihat dalam lingkaran pertemanan. Coba kalian perhatikan saja teman mana yang merasa paling unggul dalam mengemukakan pendapat saat musyawarah. Seorang psikopat juga enggan untuk menerima nasehat dari rekan tim kerjanya. Baginya, pendapat maupun ide yang ia lontarkan paling benar. Jadi, ia tidak merasa perlu lagi sebuah saran sebagai pembanding.

8. Sayangnya, rata-rata seorang psikopat memiliki tampang yang rupawan sehingga orang lain mudah percaya ketika ia bicara. Hm, sulit!

Dari kasus yang pernah terjadi, rata-rata seorang psikopat memiliki tampang yang kharismatik bin rupawan. Saat berinteraksi ia pun pandai dalam menarik simpatik dengan gaya bicaranya yang sangat meyakinkan. Namun, semua itu merupakan kamuflase untuk menutupi tindak-tanduknya yang sulit dideteksi oleh orang lain.

Dari kedelapan poin di atas yang sudah dijelaskan secara gamblang, diharapkan kita dapat segera mengetahui mana di antara banyak teman yang kita miliki termasuk dalam seorang psikopat. (PT Equityworld)