PT Equity World | Implikasi Pemangkasan Suku Bunga AS Pada Dolar, Ekuitas dan Emas

pt equityworld emas

PT Equity World | Seperti yang diperkirakan sejak awal, Federal Reserve lewat komisi pasar bebas federal, FOMC akhirnya memutuskan untuk memangkas suku bunga kembali sebesar seperempat basis poin dalam keputusannya dihari Rabu (30/10/2019). Paska pengumuman ini, harga komoditas baik emas dan minyak mentah mendapatkan sentiment positif untuk menguat. Namun tekanan fundamental lainnya, membuat harga minyak mentah masih harus berakhir diwilayah negatif dalam perdagangan hari ini.

The Fed memotong 25bp seperti yang diharapkan. Para anggota FOMC melakukan pemungutan suara dengan hasil 8-2, dimana anggota FOMC George dan Rosengren tidak setuju dengan pemangkasan ini. Menurut mereka, kondisi ekonomi AS cukup bai, investasi tetap bisnis tetap lemah tetapi pasar tenaga kerja telah aktif. Dalam pernyataan terbuka sebagaimana risalah yang disampaikan , FOMC mengeluarkan kalimat dalam pernyataan yang mengatakan akan “bertindak sesuai untuk mempertahankan ekspansi”. Pernyataan itu dapat dilihat sebagai perubahan kecil dalam arah kebijakan yang lebih hawkish,  atau kurang dovish.

Bursa saham AS melesat ke rekor tertinggi setelah The Fed memangkas suku bunga, dan Apple melaporkan pendapatan yang mengesankan. Tetapi pasar ekuitas sangat menyukai suara Ketua Powell yang lebih rendah untuk narasi suku bunga AS yang lebih lama tersirat ketika ia menyarankan suku bunga tidak akan naik selama inflasi berjalan dingin.

Sementara data AS terbaru tidak menyarankan ekonomi jika keluar dari rel dulu, tetapi konsumen mengencangkan dompet mereka; kemunduran ISM menyebabkan sedikit kekhawatiran, dan pengeluaran investasi oleh bisnis terus menyusut. Itu tidak menggambarkan ekonomi AS yang menembaki semua silinder.

Dengan tenaga yang masih tersisa, FOMC memiliki cukup waktu untuk menambahkan beberapa galon oktan tinggi ke tangki dan meningkatkan mesin ekonomi AS yang mulai menunjukkan tanda-tanda keausan perang perdagangan. Namun, karena kebijakan moneter bekerja dengan kelambatan yang panjang dan variabel dan bahwa akan membutuhkan waktu untuk mengevaluasi dampak ekonomi penuh dari 75bp dari penurunan suku bunga yang telah disampaikan tahun ini, The Fed tidak ingin mengambil risiko membanjiri mesin sambil menjaga beberapa kebijakan alat dalam kit untuk hari hujan.

Secara keseluruhan The Fed tidak akan memberikan opsionalitas penurunan suku bunga yang bergantung pada data. Jerome Powell telah cukup responsif terhadap kondisi ekonomi sejak ia mengambil kursi dan diragukan The Fed akan menjadi pilot gyro. Jika data domestik, terutama konsumsi konsumen dan pasar tenaga kerja terus memburuk, FOMC akan merespons dalam bentuk barang. Sebut saja apa yang Anda inginkan, tetapi saya menyebutnya Penyesuaian Mid-Cycle sampai tidak.

Dolar AS melemah di seluruh papan karena penurunan suku bunga Fed dan setelah Ketua Fed Powell menyinggung lebih rendah untuk narasi suku bunga AS yang lebih lama ketika ia menyarankan suku bunga tidak akan naik selama inflasi berjalan dingin. Mata uang AS ini masih bisa mengalami kesulitan memudar kelemahan dolar AS meskipun tidak ada perubahan dalam sisi diferensial suku bunga untuk mendukung kelemahan dolar. Tetapi di sisi risiko, dengan risiko ekor di sekitar Brexit dan AS-Cina mereda yang akhirnya bisa menjadi pertanda negatif bagi AS vs tingkat bunga Sisa Dunia dan perbedaan pertumbuhan. Dan ketika digabungkan dengan Ketua Powell yang memperkuat narasi suku bunga yang lebih rendah untuk jangka waktu lebih lama yang menambahkan dukungan pada saluran risiko, ini juga dapat dilihat secara negatif untuk dolar AS.

Dengan perkembangan ini, pasar minyak mentah masih merugi. Harga berhenti pulih dari jalur pemulihan yang semula didorong oleh meningkatnya optimisme bahwa OPEC akan mempertimbangkan pemotongan yang lebih dalam pada pertemuan kelompok pada bulan Desember.

Laporan berkala dari EIA bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dalam pasokan Minyak Mentah AS menjadi sentiment yang sangat bearish. Meski ke depan The Fed dianggap masih bisa bersikap hawkish dan data makro AS yang baru sambil mengalahkan perkiraan, harga minyak masih terlihat lunak.

Memang kesepakatan fase satu antara AS dan Cina dapat membantu mengubah kepercayaan diri, tetapi sejauh ini, ada beberapa tanda tunas hijau di lanskap makro. Jadi, untuk saat ini hingga persediaan minyak AS bergerak ke defisit yang signifikan atau data makro berubah positif, kekhawatiran di tengah meningkatnya stok minyak AS akan menggantikan tanda-tanda bahwa Arab Saudi bersedia melakukan pengurangan produksi yang lebih dalam.

Sementara dalam perdagangan komoditi emas, harga emas bereaksi positif terhadap dolar AS yang lebih lemah dan imbal hasil obligasi AS yang lebih rendah yang mungkin dipicu oleh rendahnya narasi suku bunga AS yang disiratkan oleh Ketua Powell yang menyarankan suku bunga tidak akan naik selama inflasi berjalan dingin.

Investor emas strategis mungkin mulai memposisikan untuk kemunduran lebih lanjut dalam data domestik AS yang pada akhirnya mengubah The Fed dari pandangan siklus pertengahan ke pandangan siklus penuh. Tetapi lompatan ini terlalu dini dan bisa penuh dengan bahaya mengingat katalis makro yang signifikan yang menunggu (NFP) dan pertemuan Trump-Xi yang akan datang meskipun harga Emas kemungkinan anjak dalam kejatuhan negatif dari rintangan kesepakatan perdagangan yang tak terduga setelah Presiden Chili Pinera membatalkan pertemuan puncak APEC bulan depan, di mana kesepakatan perdagangan fase satu mungkin telah ditandatangani.

Bukan karena kesepakatan perdagangan jika off, tetapi APEC tidak memiliki situs sekunder yang disiapkan, dan pemikirannya adalah semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menandatangani “fase satu” semakin tinggi peluang untuk hal-hal untuk kemudian beralih ke samping mengingat betapa lemahnya hubungan AS-Cina adalah.

Harga emas mengakhiri perdagangan di 1495.40 atau lebih tinggi 0,53% dari penutupan Selasa. Emas berpeluang untuk terangkat lagi dimana secara teknis kenaikan selanjutnya adalah mencoba untuk menembus kembali harga penting di $ 1500. (PT Equity World)