PT Equityworld | Dolar AS Menguat, Kilau Emas Sedikit Pudar

PT Equityworld

PT Equityworld | Harga emas dunia di pasar spot hari ini melorot lagi usai kemarin ditutup anjlok. Penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) jadi sentimen pemicunya.

Pada Rabu (8/4/2020) harga emas dunia di pasar spot turun 0,13% ke level 1.646,34/troy ons. Walau tergelincir, saat ini harga emas masih cukup perkasa di atas level US$ 1.600/troy ons. Kemarin harga emas turun 0,8%.

Salah satu sentimen pemicu turunnya harga emas adalah menguatnya mata uang dolar AS. Penguatan dolar greenback tercermin dari naiknya indeks dolar. Pada pagi ini pukul 09.23 WIB, indeks dolar menguat 0,18%.

Penguatan dolar terhadap mata uang lainnya membuat harga emas menjadi semakin mahal terutama bagi pemegang mata uang lainnya, mengingat logam mulia tersebut ditransaksikan dalam dolar AS.

Selain itu, ada kabar yang cukup menggembirakan yang membuat harga emas tergelincir dua hari terakhir. Jumlah kasus infeksi virus corona memang masih bertambah. Namun lajunya menurun terutama di negara-negara dengan jumlah kasus paling banyak seperti di AS dan Italia. Ada indikasi bahwa wabah sudah akan mencapai puncaknya.

US Centers for Desease Control and Prevention mencatat pada 6 April ada 28.515 kasus baru di Negeri Paman Sam. Turun dibandingkan rekor tertinggi yang dicapai pada 4 April, yaitu bertambah 33.508 kasus dalam sehari.

Laju pertumbuhan penyebaran domestik juga melambat. Pada 7 April, pertumbuhan pasien baru yang disebabkan kontak antar-manusia di dalam negeri adalah 8,13% dibandingkan hari sebelumnya. Jauh di bawah rata-rata selama 24 Februari-7 April, yaitu 38,26%.

“Mungkin ini adalah pertanda yang baik. Ada indikasi bahwa AS mulai melihat cahaya di ujung terowongan,” kata Presiden AS Donald Trump kepada para jurnalis di Gedung Putih, sebagaimana diberitakan Reuters.

 

Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC, PT EWF.