PT Equityworld | 5 Cara Cerdas Membangun Rumah Sejuk Tanpa AC, Berani Coba?

pt equityworld

PT Equityworld | Untuk pasangan muda yang berencana mempunyai rumah, sebaiknya ada yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Hal ini penting karena rumah adalah tempat yang akan kita tinggali selama berpuluh-puluh tahun lamanya bersama keluarga tercinta. Tentunya rumah yang sejuk akan menambah kenyamanan kita bersama bukan?

1. Membeli rumah atau lahan yang menghadap ke arah selatan atau utara

Untuk langkah awal, pilihlah arah hadap rumah atau tanah yang ingin dibeli ke arah utara atau selatan. Ini sangat berpengaruh agar muka depan rumah tidak tersengat cahaya matahari sore maupun pagi hari secara langsung.

2. Jangan membuat kamar tidur di bagian barat rumah

Kenapa arah barat harus dihindari? Karena barat adalah arah dimana matahari terbenam dan memiliki suhu yang paling tinggi. Sehingga, jika meletakkan kamar tidur dibagian barat rumah maka resikonya adalah kamar terasa panas, gerah, dan tidur pun pasti tidak nyenyak

3. Perbanyak bukaan jendela

Rumah tanpa jendela adalah hal yang tidak mungkin, karena sangat dibutuhkan untuk memasukkan cahaya serta udara alami ke dalam ruangan. Idealnya, luas jendela yang dibuat adalah 1/12 dari luas ruangan yang dibuat. Cara sederhana untuk menghitung, namun sangat efektif.

4. Buat ventilasi dengan posisi saling menyilang

Ventilasi sering kali terabaikan dalam membuat rumah, padahal fungsinya sangat membantu rumah agar dapat bertukar udara. Posisi ventilasi ini juga sangat menentukan apakah udara dapat berputar sehingga udara tidak apek dan panas. Saling menyilangkan ventilasi satu dengan yang lainnya merupakan yang terbaik

5. Membuat taman di tengah atau belakang rumah

Mambuat taman di dalam rumah atau di belakang rumah mungkin masih jadi pertimbangan yang berat bagi sebagian orang, karena dinilai membuang ruang yang seharusnya bisa dipakai untuk yang lebih berguna. Tapi jangan salah, taman di dalam rumah tidak harus besar, bermodalkan lantai berumput dan kolam mini dapat membawa suasana hijau nan asri, anak-anak juga bisa lebih asyik bermain tentunya.

Inilah 5 cara mudah untuk membangun rumah yang sejuk dan pastinya menambah kenyamanan dirumah. Rumah nyaman keluarga pun pasti tambah akrab, dan hidup juga makin sehat. (PT Equityworld)