PT Equityworld | 5 Dampak Berbahaya Jika Kamu Sering Begadang & 6 Masalah Tidur dan Cara Ampuh Mengatasinya

PT Equityworld Futures 1017131

PT Equityworld | Sulit tidur atau insomnia sering dialami banyak orang. Entah itu keadaan badan yang terlalu lelah atau memang kebiasaan seseorang tidur yang tidak tertib. Hal itu membuat seseorang terpaksa begadang. Namun, hal ini jangan dibiarkan, pasalnya begadang sangat berdampak buruk untuk kesehatan.

Selain memicu kenaikan berat badan, ada hal lain yang dapat timbul ketika seseorang sering begadang. Berikut bahaya lain jika seseorang sering begadang.

1. Obesitas

Kurang tidur memicu masalah obesitas. Itu sebabnya saat malam hari seseorang merasa lapar, lalu makan sembarangan tanpa memikirkan kalori makanan. Pemicunya karena ada peningkatan hormon ghrelin di malam hari yang membuat nafsu makan seseorang tersebut tinggi.

2. Kecemasan

Penelitian menyebutkan, orang yang tidur kurang dari enam jam lebih mudah mengalami kecemasan. Jika tak segera diatasi, seseorang juga mudah merasakan depresi di masa mendatang.

3. Cepat menua

Saat tidur, tidak hanya organ tubuh seseorang yang beristirahat. Kulit pun tak cukup mendapatkan oksigen. Akibatnya, kulit akan menua lebih cepat dengan tanda cepat keriput.

4. Depresi

Seiring waktu, kurang tidur dan gangguan tidur bisa berkontribusi terhadap gejala depresi. Dalam jajak pendapat Sleep in America tahun 2005, orang-orang yang didiagnosis dengan depresi atau kecemasan lebih mungkin tidur kurang dari enam jam di malam hari.

5. Penyakit tidak menular tapi bahaya

Jangan biasakan begadang. Bagi seseorang yang kurang tidur akan mengalami penyakit tidak menular, seperti diabetes, jantung, kanker, alzheimer, dan lainnya. Duh!

PT Equityworld | Berikut 6 Masalah Tidur dan Cara Ampuh Mengatasinya

PT Equityworld | Insomnia adalah istilah susah tidur yang bisa dialami siapa saja. Insomnia juga salah satu gejala kelainan tidur. Namun, nggak cuma insomnia saja lho yang menyebabkan kamu susah tidur. Nyatanya ada banyak hal yang bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang.

1. Nyeri bahu

Kegiatan berat seharian membuat kamu merasa nyeri di bahu. Akibatnya di malam hari kamu susah tidur dengan nyaman. Posisi terbaik saat mengalami nyeri bahu ialah telentang dengan satu bantal tipis di bawah kepala dan satu bantal lagi letakkan di perut untuk dipeluk. Posisi ini akan membuat bahu merasa lebih rileks dan stabil.

2. Sakit punggung

Saat punggung terasa sakit jangan malah tidur dalam posisi tengkurap. Sebaiknya kamu tidur tetap dalam posisi terlentang. Namun tambahkan bantal di bawah lutut untuk membantu mengendorkan kurva tulang belakang yang tegang.

3. Leher pegal-pegal

Jangan memiringkan kepala ke sisi leher yang tak sakit. Sebaiknya kamu tidur telentang dengan bantal yang tak terlalu tinggi. Agar lebih nyaman kamu juga bisa menambahkan bantal di bawah kedua lenganmu seperti pada gambar.

4. Sering terbangun tengah malam

Tidur tak nyenyak dan sering terbangun juga nggak baik bagi kesehatan. Cobalah untuk memeriksa suhu ruanganmu. Aturlah suhu ruangan menjadi suhu ideal untuk tidur, yaitu sekitar 20-22 derajat Celcius.

5. Keram kaki

Kejang mendadak atau keram kaki di malam hari juga sering terjadi, lho. Jika kamu mengalaminya cobalah untuk meregangkan kaki dan sambil pijit-pijit bagian kaki yang keram. Lakukan dalam kondisi badan terlentang jangan miring ke salah satu sisi.

6. Mulas

Perut mulas karena diare atau PMS memang mengganggu tidur. Solusinya kamu bisa mencoba posisi tidur seperti huruf ‘Z’ke sisi kiri. Posisi ini akan membantu meredakan mulas perut. (PT Equityworld)

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, PT Equity World , Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC , EWF, PT EWF

Save

Save