PT Equityworld | 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kerja Keras Kamu Tidak Terbayar Materi

pt equityworld

PT Equityworld | Setiap manusia mungkin belajar dan menuntut ilmu agar di masa depan bisa sukses. Tolak ukur kesuksesan orang pada umumnya dilihat dari seberapa banyak materi yang mereka punya. Padahal materi bukan satu-satunya patokan tentang kesuksesan orang lho.

Gak sedikit mereka yang bergelimang materi namun punya hidup yang gak bahagia atau gak sesuai dengan aturan yang ada. Jadi kalau kamu merasa kerja kerasmu bukan menghasilkan limpahan materi, jangan bersedih. Lakukan saja lima hal di bawah ini, dijamin hidupmu akan bahagia di segala kondisi yang ada.

1. Positif thinking itu membuatmu jauh lebih bahagia lho

Hal pertama yang harus kalian lakukan saat kerja keras tidak terbayar dengan materi yang diimpikan adalah positif thinking. Jangan membuat hidupmu semakin rumit saat keadaan yang kurang menyengkan melanda.

Ajak hati dan pikiranmu untuk berprasangka baik pada keadaan yang ada. Percaya saja bahwa kerja kerasmu gak akan berujung pada kesia-siaan, mungkin sekarang bukan saat yang tepat untuk ‘memetik’ buah dari kerja kerasmu. Tapi nanti pasti akan tiba di mana buah yang sudah matang akan ‘jatuh’ sendiri tepat di hadapan kalian.

2. Bersyukur gak akan membuatmu merugi

Saat kita bersyukur maka kenikmatan-kenikmatan lain pun akan mulai terasa adanya. Saat kamu mendapati sesuatu yang tidak sejalan dengan harapanmu, jangan mengeluh. Mengeluh adalah kebiasaan buruk yang terlihat sepele namun membawa dampak yang besar.

Kalau kerja kerasmu setelah mengerjakan project atau kerja kerasmu bekerja di kantor tidak terbayar, maka tengok orang lain yang jauh tidak beruntung dibandingkan diri kita. Belum tentu mereka bisa merasakan sensasi bekerja di kantor dan serunya berbincang bareng rekan kerja. Benar gak?

3. Ikhlas supaya hati lebih tenang

Merelakan sesuatu yang telah kita idam-idamkan sejak lama memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Kamu butuh waktu untuk bisa mengikhlaskan apa yang jadi mimpi dari kerja kerasmu sebelumnya. Meskipun gak gampang tapi kamu harus mau gak mau melakukan hal ini, sebab dengan merelakannya maka tidak ada lagi batu ganjalan yang tersisa di hatimu.

Kamu jadi lebih mengetahui tentang kerja keras yang selamanya tidak berujung pada materi. Justru pengalaman dan proses yang kamu lewati itulah yang membuatmu jauh lebih ‘kaya’ dari sekedar uang yang bisa habis dalam sekejap mata.

4. Intropeksi diri agar hidupmu lebih berarti

Setelah positif thinking, ikhlas dan bersyukur kini waktunya kamu intropeksi diri. Bisa dibilang momen ini adalah momen dimana saat kamu berada di bawah karena ‘jatuh’ setelah bersusah payah sebelumnya.

Sebelum kembali bangkit kamu bisa mengumpulkan kekuatan dan energi dengan melihat kilas balik bagaimana dirimu yang sebelumnya. Di sinilah sering ditemukan banyak kesalahan dan kekurangan yang harus segera kamu perbaiki demi kualitas diri yang lebih baik lagi.

5. Patah semangat setelah jatuh adalah kesalahan terbesar

Jangan sampai materi membutakan dunia dan mematikan kemampuan yang kamu miliki. Walaupun gak bisa dipungkiri rasa putus asa pasti ada saat kamu jatuh dari mimpi, namun jangan selamanya jatuh. Cukup beri waktu sejenak untuk mengisi ulang semangat yang sempat memudar, karena setelah kamu jatuh justru kesuksesan akan lebih mudah diraih. Percaya deh!

Materi memang kebutuhan setiap orang dalam menjalani hidup. Tapi jangan sampai kamu mau diperdaya hanya karena tuntutan materi yang tidak sesuai harapan ya. (PT Equityworld)