PT Equityworld | 5 Ide Bisnis Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Hobi Masak dan Makan

PT Equityworld | Kamu mungkin sudah sering mendengar, banyak kisah sukses bisnis yang berawal dari iseng-iseng hobi si owner. Salah satunya adalah buat kamu-kamu yang mempunyai hobi di bidang kuliner, seperti membuat makanan dan wisata kuliner di berbagai restoran, kenapa tidak menjadikannya peluang bisnis?

Bingung idenya? Yuk, simak 5 ide bisnis berikut yang cocok buat Anda para foodish, dikutip dari IDNtimes.com

1. Usaha Kue Rumahan

Jangan remehkan bisnis kue! Silahkan Googling sendiri, jangan kaget kalau omsetnya bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran per bulan!

Hal itu tidaklah aneh, mengingat jumlah penduduk Indonesia yang ratusan juta dan hampir semua kalangan masyarakatnya suka makan kue. Setiap kali kamu ke pasar, pasti selalu ada toko yang menjual kue dan seringkali ramai pembeli. Belum lagi kue-kue yang dibeli saat momen dan perayaan tertentu, seperti Lebaran dan Imlek, pasti pengusaha kue rumahan pada kewalahan melayani orderan.

Kalau kamu hobby bikin kue, jangan ragu untuk memulai bisnis kue rumahan. Modalnya tidak terlalu besar (kecil-kecilan dulu), bahan baku tidak sulit, demand market sudah jelas, dan berkat internet sekarang jualan kue lebih mudah karena bisa online lewat marketplace, social media, forum, dan sebagainya.

2. Jasa Catering

Selama manusia masih butuh makan, maka bisnis catering rantangan akan selalu hidup. Pangsa pasar bisnis catering ini sangat luas, bisa untuk rumahan (rantangan), perkantoran, hingga pabrik. Soal omset dan profit yang didapat, kita semua tahu bahwa bisnis makanan itu marginnya bisa sampai 100%!

Kalau kamu hobi masak dan hobi makan, memulai bisnis catering bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa dipertimbangkan. Apalagi kalau kamu merasa kualitas rasa masakan kamu sulit ditandingi, wah itu bisa menjadi sebuah nilai jual karena banyak pemain bisnis rantangan yang rasanya “biasa-biasa saja”. Untuk pemasaran pun tidak terlalu sulit, bisa dimulai dari menyebarkan brosur di komplek perumahan terdekat.

3. Food Blogger

Kalau yang biasanya habis-habisin uang makan di restoran, kenapa tidak kamu jadikan sumber tambahan penghasilan? Loh, bagaimana caranya makan di restoran bisa jadi ladang penghasilan?

Bisa! Yaitu dengan menulis review restoran tersebut di blog kamu. Di internet ada banyak orang yang mencari-cari review sebuah restoran sebelum benar-benar mengunjungi restoran tersebut. Kalau blog kamu banyak berisi real review dari resto dan cafe yang kamu pernah kunjungi, maka bisa jadi blog kamu mendapatkan banyak pengunjung.

Kalau sudah banyak pengunjung, berarti bisa pasang iklan di blog, bisa terima sponsored content, bahkan diundang makan gratis oleh restoran yang ingin direview loh! Asik, bukan?

4. Online Chef

Jago masak dan punya banyak resep rahasia? Jangan disimpan sendiri, sebarkan pada dunia! Tidak harus jadi terkenal agar diundang jadi chef di televisi, atau repot-repot menulis buku resep dan meminta penerbit menerbitkannya. Sekarang ada teknologi yang bernama Youtube, dimana kamu bisa menjadi chef celebrity versi kamu sendiri dengan peluang dilihat oleh ratusan juta pengguna Youtube.

Kamu bisa bikin akun video kamu di Youtube, lalu merekam kegiatan memasak kamu (bisa pakai smartphone ataupun kamera SLR) layaknya chef yang kamu lihat di televisi, menjelaskan kepada audience bahan-bahan yang diperlukan hingga cara memasaknya, lalu upload ke Youtube.

Sama seperti poin 3 di atas, jika subscribers kamu sudah banyak, siap-siap saja mendapatkan tawaran beriklan di channel Youtube kamu dengan bayaran yang fantastis!

5. Buka Restoran
Saya pribadi pernah bertemu dengan seorang pemilik restoran seafood di bilangan Jakarta Utara yang bercerita bagaimana asal mula di membuka restorannya. Rupanya dia dulu juga sebagai konsumen, suka pergi makan dari satu restoran ke restoran lainnya. Karena merasa punya taste yang tinggi, akhirnya dia berpikir kenapa tidak buka restoran sendiri saja?

Demikian juga bagi kamu yang suka makan di restoran, kalau memang merasa bisa membuat masakan yang lebih enak, kenapa tidak? Yup, buka restoran memang bisa dibilang ide bisnis yang paling membutuhkan banyak modal dibandingkan ide-ide di atas. Tapi, sekalinya sukses, kamu pasti sudah tahu betapa menggiurkan profit yang didapat.

Jika memang jago masak, suka makan, memiliki taste yang tinggi, plus ditambah punya rekanan dan pemodal yang satu visi, menjalankan bisnis restoran bisa menjadi ide bisnis dengan keuntungan yang menarik.

Nah, semoga 5 ide di atas bisa memberikan motivasi bagi kamu yang selama ini ingin memulai bisnis kuliner sendiri. Kalau masih kerja kantoran, tidak perlu langsung resign. Sisihkan waktu luang di luar jam kerja untuk memulai bisnis sendiri. Satu langkah kecil yang diselesaikan jauh lebih bernilai dari seribu langkah besar yang hanya direncanakan. (JKO- PT Equityworld)