PT Equityworld | 5 Cara Mengelola Uang agar Bisa Pensiun Lebih Cepat

pt equityworld

PT Equityworld | Tidak semua orang menikmati karier menjadi pegawai kantoran. Ada orang-orang yang menjadi pegawai karena tuntutan situasi.

Ada yang menjadi pegawai, tapi hasratnya ingin berkecimpung di bidang lain, seperti membangun bisnis sendiri atau ingin aktif di industri kreatif, serta beragam alasan lain. Namun, ketidakpastian finansial bisa membuat orang ragu untuk pensiun dini.

Bila bosan jadi pegawai dan ingin cepat-cepat pensiun, maka kamu harus memiliki perencanaan dan tabungan yang disiplin ketika usia masih muda.

Berikut lima kebiasaan yang bisa kamu ikuti agar bisa pensiun di usia 40 seperti yang dilansir CNBC, Kamis (5/7/2018).

1. Awasi Pengeluaran

Selain menabung, jangan lupa untuk memperhatikan uang yang keluar dari rekening. Coba cermati ke mana saja uangmu dihabiskan. Mungkin saja tanpa sadar kamu mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu.

Zaman sekarang juga ada aplikasi seperti ‘Mint’ serta ‘You Need a Budget’ yang dapat membantu kamu mengawasi pendapatan dan pengeluaran.

2. Buat Rencana Pensiun yang Spesifik

Saat membicarakan pensiun dini, tentunya penting menentukan tahun kapan pensiun. Di samping itu, penting juga menghitung berapa dana yang kamu butuhkan bila pensiun.

Hal itu dicontohkan oleh pasangan ‘Mr. and Mrs. 1500′, yaitu pasangan bernama Carl dan Mindy yang menjadi viral karena rencana pensiun mereka.

Sebelum pensiun, pasangan itu menghitung berapa dana yang mereka butuhkan agar bisa pensiun dengan nyaman. Caranya adalah dengan mereka memperhatikan pengeluaran mereka terlebih dahulu.

“Istriku dan saya menulis semua pengeluaran kita pada sebuah buku. Setiap saat kami pulang belanja atau membayar tagihan, kami memasukkan jumlahnya,” ucap Carl.

Setelah menemukan total pengeluaran, barulah Carl dan istrinya menyusun anggaran agar bisa pensiun dengan nyaman.

3. Tabung Setengah Pendapatan

Ini mungkin terdengar sulit. Tetapi, menabungkan setengah dari pendapatan dapat memberi jalan cepat menuju pensiun dini. Melakukan hal tersebut juga membutuhkan disiplin, dan mungkin sulit dilakukan anak-anak muda.

4. Saat Beli Sesuatu, Hitung dengan Waktu

Jika membeli sesuatu, jangan sekadar lihat harganya, tetapi hitung dengan berapa waktu kerja yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan barang itu.

“Untuk meraih suku tabungan yang tinggi, coba mulai melihat pembelianmu dengan unit waktu ketimbang dolar (mata uang),” ucap J.P. Livingston, wanita yang menabung 70 persen pendapatannya dan berhasil pensiun pada usia 28 tahun dengan tabungan jutaan dolar.

Contohnya, bila ingin membeli iPhone X seharga sekitar Rp 20 juta, sementara gajimu Rp 4 juta. Berarti, smartphone itu seharga lima bulan waktumu. Cara tersebut akan membuatmu mempertimbangkan apakah barang yang kamu inginkan memang pantas dibeli.

5. Maksimalkan Pendapatan

Mencari pekerjaan sampingan untuk memambah pendapatan bisa jadi cara menambah tabungan pensiun.

Pekerjaan sampingan ada banyak macamnya, mulai dari dari berjualan, sampai menjadi penerjemah atau penulis lepas. Ada juga yang disebut penghasilan pasif, seperti menyewakan sesuatu tiap bulannya. (PT Equityworld)